Testdrive Honda HRV


Honda HRV, SUV baru dari Honda untuk menemani sang kakak, CRV. Kalo menurut wikipedia, HRV ini bukan nama baru sebenarnya, namun untuk pasar Indonesia baru sekarang dijual bebas. Kelasnya tergolong mini SUV, menilik dari mesinnya yang 1500 cc dan 1800 cc. TEstdrive Honda HRV (11)

Dan tak disangka, ternyata ada kesempatan menjajal mobil gress ini, yang bersamaan event-nya dengan ketika Testdrive Honda CRV.

Testdrive Honda HRV (0)

Ceritanya ketika sedang mengantar anak ke pusat permainan, di lantai bawah ada pameran mobil Honda. Seperti biasa kalo ada yang beginian mendekat dan lihat-lihat serta tanya-tanya. Selagi ngobrol dengan marketing Honda, dia menyerahkan undangn testdrive untuk unit tertentu seperti di atas. Wah bisa nyoba Freed nih…

Ketika waktu yang ditentukan datang, saya sambangi showroom Honda, namun unit yang bisa di test hanyalah honda HRV manual ini, gagal deh ngetest Freed. Tapi nggak apa-apa yang ini malah lebih gagah.TEstdrive Honda HRV (9)Tampang depan HRV jelas gagah, bentuk body keseluruhan konsepnya mirip dengan Honda CRV versi sebelumnya yaitu mirip Hatchback yang dibikin kekar. 

TEstdrive Honda HRV (10)

Intip ke dalam, jok baris kedua bisa dilipat full sampai rata dengan lantai, fungsional, mirip MPV saja.

TEstdrive Honda HRV (4)

Saatnya duduk di kursi pengemudi

TEstdrive Honda HRV (3)

Intip panel speedometer, takometer dan yang lain, terdiri dari tampilan digital dan analog dengan backlight yang cukup terang terbaca di siang hari nan terang sekalipun.

Parking Brake Honda HRV

Sentuh sisi kiri, ada shifter stick dan dua buah tombol yang unik. Yang satu tombol parking brake yang biasanya berupa batang hand-brake, digantikan dengan sistem elektronik menggunakan tombol. Satu lagi adalah brake hold yang ketika diaktifkan, akan menjaga mobil mengerem dengan otomatis ketika berhenti di turunan atau tanjakan.

Honda HRV tombol VSA

Sisi kanan, di doortrim tampak fitur standar, yang unik adalah tombol berlogo mobil dengan jalan berkelok. Menurut informasi, ini adalah Vehicle Stability Assist (VSA) untuk mengendalikan mobil dari oversteer dan understeer ketika di tikungan.

Selebihnya standar saja, tuas lampu sein dan lampu utama di sisi kanan kemudi, kontrol wiper depan dan belakang ada di tuas sisi kiri. Karena ini varian bawah, di setir tidak terdapat tombol-tombol seperti halnya pada tiper PRESTIGE. Begitupun di bawah VSA slotnya masih kosong.

TEstdrive Honda HRV (5)Dashboard tengah, ada Head Unit dengan layar bermerk JVC 

TEstdrive Honda HRV (2)

Saatnya gass…

Masuk jalan perkotaan, body midsize HRV pas membelah keramaian, tak sepanjang dan selebar CRV. Masuk jalan rusak, redamannya empuk (karena biasa pakai motuba, adal mobil baru pasti suspensinya sempurna). Sampai di jalan lingkar sepanjang pantai Cilacap, coba akselerasi. Wutttt…. akselerasi dai nol sampai 80 kpj terasa enteng dilahap mesin yang cuma 1500 cc manual ini. Beda sekali dengan CRV matic yang mesinnya lebih besar yang percepatannya agak lambat naik. Mobil manual memang menang di tarikan.

Coba topspeed? Tidak terima kasih, tidak berani saya. Bukan tidak berani kencang, namun karena ini mobil orang dan kondisi jalan lingkar makin ramai, jadi cukup sapai 90 km/jam saja.

Masuk lampu merah yang agak menanjak, agak kagok. Terbiasa berhenti dan menarik tuas hand-brake, kali ini barang tersebut tidak ada. Namun ternyata fitur brake hold bekerja, mobil tidak mundur ketika di tanjakan dan kita menginjak kopling.

Sekian…

Baca Juga

Iklan

17 pemikiran pada “Testdrive Honda HRV

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s