Test Konsumsi Bensin Suzuki Forsa Dengan Metode E To E


Hitung Bensin Forsa Cara Kasar 1

 

Punya kendaraan pasti penasaran apakah tergolong irit atau boros. Banyak metode untuk mengetes berapa konsumsi bahan bakar suatu kendaraan, dari metode uang dan tempat (50 ribu untuk bolak balik Jakarta-Bogor), metode full tank dan waktu (isi full habis dalam berapa hari) , metode full to full sampai metode paling akurat adalah menghabiskan bahan bakar dalam wadah khusus dengan takaran, dan dipakai sampai habis.

Bagaimana dengan metode Empty to Empty, mari kita coba di Suzuki Forsa:Isi bensin ketika indikator bahan bahar sudah mentok di E. Isi 50 ribu dengan harga per liternya 6700. Reset tripmeter ke angka Nol. Kemudian pakai kendaraan seperti biasanya.

Hitung Bensin Forsa Cara Kasar 2

 

Ketika jarum kembali mentok di E, lihat trip meter berapakah capaian jaraknya. Ternyata mencapai 90 km. Berapa konsumsi bensinnya? 50.00 /6700 = 7,46 liter. Hitung konsumsinya : 90 km/7,46 liter = 12.06 km/liter. Lumayan..

Sebenarnya metode Empty to Empty ini kurang akurat, karena kita tidak tahu secara pasti ketika jarum  di E apakah sudah habis atau baru batas awal kategori E. Tapi bisa memberi gambaran kasar seberapa irit/boroskah kendaraan kita.

Mari kita coba test kedua

Test 2 E to E

 

Isi 100.000 rupiah, dari E ke E lagi menempuh jarak 187.6 km. 100.000 rupiah/6700 = 14. 92  liter. Hitung konsumsi bensin : 187.6/14.92 = 12.57 km/liter.

Kurang puas? Kita coba cek ke tiga kalinya

Test 3 E to E

Isi 50 ribu dengan Bensin masih harga lama, jarak ditempuh dari E ke E lagi adalah 91 km. Hitung konsumsinya : 91 km/7,46 liter = 12.20 km/liter.

Walau kurang akurat, namun ternyata metode E to E memberikan hasil yang mirip. Setidaknya kisaran konsumsi bensin bisa diketahi adalah 1:12.

Dan dengan metode ini, saya punya patokan kapan waktunya isi bensin, yaitu sekitar 90 km. Walau sudah di E namun jarak di trip meter masih 80 km, di hati masih ada ketenangan.

 

Iklan

10 pemikiran pada “Test Konsumsi Bensin Suzuki Forsa Dengan Metode E To E

  1. ane pernah miara forsa gan, dari merak – bogor – merak lewat tol + serpong kira2 1L : 18km. Kemudian bogor – masjid kubah emas depok – bogor cuma dapet 1L : 16 karena non tol. Forsa sebenarnya irit banget nggak kalah sama sedan kutu jaman sekarang. Paling jelek jalan dalam kota 1:10.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s