Dudukan Ban Serep Belakang, Ketika Umur Tak Bisa Bohong


Dudukan Ban Serep Escudo (1)

Ban serep belakang identik dengan Jip, kemudian sekarang SUV dan MPV yang bergaya SUV. Memang terkesan gagah, namun lama kelamaan ketika logam material mobil sudah berumur, kekuatannya berkurang, beban ban serep ini akan menjadi masalah untuk engsel pintu dan juga pelat body. Solusinya bagaimana? Cara paling mudah adalah memasukan ban ke dalam bagasi. Namun mengingat ban SUV ini kebanyakan berukuran besar, maka akan mengurangi fungsi penyimpanan. Memodifikasi ruang di kolong seperti MPV juga mungkin namun jelas sangat merepotkan.

Cara termudah adalah seperti Escudo ini, membuat dudukan sendiri dari pipa bulat. Posisinya di belakang pintu, engsel pintu tak lagi menopang beban berat.Dudukan Ban Serep Escudo (2) Detailnya seperti ini, bagian ujung kaki sebelah kiri dibuat mekanisme buka menggunakan pengunci yang umum digunakan pada pintu bak mobil pickup.Dudukan Ban Serep Escudo (3)Sementara ujung kanan sebagai pivot atau as berputarnya dudukan roda. Walaupun beda namun mirip cara kerja dudukan ban serep Kijang Rangga.

Yang dibutuhkan tidak cuma konstruksi pipa bulat, namun bumper belakang sebagai tumpuan juga harus dimodifikasi menggunakan pelat bordes.


Iklan

4 pemikiran pada “Dudukan Ban Serep Belakang, Ketika Umur Tak Bisa Bohong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s