Wagon, Varian Mobil Yang “Tidak Umum” Di Sini


image

Wagon atau Station Wagon menurut wikipedia adalah sedan yang dipanjangkan atapnya sampai batas belakang bagasi. Jadi setelah pilar C ada ruangan lagi sampai kemudian ada pilar D. Antara pilar C ke D ada ruangan luas yang bisa jadi bagasi atau tempat duduk tambahan.

Entah kenapa di negeri ini model wagon seperti ini menjadi barang langka dan aneh. Padahal dengan spek selevel sedan namun dengan kapasitas lebih seharusnya menjadi sesuatu yang bisa diandalkan. Tambah lagi karena “bukan sedan” maka nilai pajaknya lebih murah. Tercatat hanya ada dua atau tiga mobil yang menganut platform wagon, yang mengaspal di jalanan umum : Mazda Vantrend, Chevrolet LUV Wagon dan ada juga Datsun Wagon. Sebenarnya tercatat ada juga Baleno wagon dan Timor Wagon, tapi entahlah saking langkanya, barang nyatanya seperti apa. Ada juga Suzuki Aerio yang disebut wagon namun banyak juga yang menyebutnya Mini MPV atu bahkan hatchback

Kalau sekarang barangkali tipe wagon ini sudah terantikan oleh MPV semacam Grand Livina, Mobilio atau Carens. Dan Sedan tipe Station Wagon tetap menjadi barang langka, dan lama-lama punah.

Iklan

4 pemikiran pada “Wagon, Varian Mobil Yang “Tidak Umum” Di Sini

  1. penyebabnya satu om rata2 sedan penggerak depan,roda depan pastinya sangat berkerja keras(Perawatannya ribet,Boros Ban,kalau di pakai membawa beban berat handlingnya payah).

    sebenarnya ada sedan stasion wagon yg masih laku incaran para kolektor sebagai contoh toyota crown stasion wagon walau pun mobil ini termasuk kategori sedan mobil ini menggunakan penggerak belakang.

    jujur saja saya berharap kedepannya lahir mobil penggerak RR : Mesin Belakang pengerak belakang cz selain efisiensi power lost lebih tinggi(gk pakai gardan),kuat menanjak dan ban lebih awet.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s