Siapkan Aplikasi Pengolah Kata Ketika Ngeblog


menulis-surat

 Anda suka nulis di blog? Pernah nulis panjaaaaaaaaaaaang…lebaaaaarrrrrrrrrrr… isi kepala tercurah semua pada waktu itu juga. Daaaaaan….mau finalized dengan klik tombol PUBLISH. Dan ternyata tanpa sadar koneksi internet telah terputus di awal atau di tengah-tengah kegiatan kita menulis! Wadezigh!!!! Dan ternyata baik lanjut maupun back di browser tidak menyelamatkan tulisan anda tadi………. Angry GIF Mau nulis kembali rasanya sudah kehabisan tenaga karena totalitas di ketikan yan gagal sebelumnya. Kecewa berat…..

blogger dan wordpress

Kejadian lain adalah ketika bukan cuma koneksi yang putus, tapi listrik yang padam padahal kita mengetik pakai PC tanpa UPS atau Laptop yang batrenya sudah mati. Ilang juga tulisan, namun sepanjang sesaat sepanjang manulis itu koneksi internet masih nyambung masih ada simpanan otomoatis. Penyedia layanan blog biasanya punya kemampuan menyimpan perubahan beberapa menit sekali.

Sama juga denga kejadian ketika komputer Hang. Karena ketika ngeblog sambil buka aplikasi lain yang berat-berat. Ketika hang, masih ada draft tersimpan.

Untuk pencegahan, ketik menulis buka juga aplikasi pengolah kata. Paling umum adalah Ms. Word atau bisa pakai Notepad, Wordpad, Wordperfect, Abiword dan semacamnya.

office software

  • Kalo sudah banyak menulis, copy isi tulisan tadi ke pengolah kata dan simpan. Agar formatnya tidak berubah, pilih mode text (wordpress) atau html (blogger) yang di copy-paste. Jadi isinya berupa kode-kode.
  • Sering-sering melakukan hal ini untuk keamanan sepanjang menulis. Jadi kalo koneksi putus kita masih punya backup ide kita, tinggal paste lagi kalo yang di blog hilang.

koneksi terputus

  • Dan ketika mau publish cek dulu koneksi internet anda, nyambung atau tidak. Kalo connected baru Publish.

Semoga berguna.

Iklan

9 pemikiran pada “Siapkan Aplikasi Pengolah Kata Ketika Ngeblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s