Testdrive Karimun AGS, Rasakan Sensasi Auto Gear Shfit


Testdrive Karimun Wagon R AGS 00

Karimun Wagon R AGS, iklanya lagi marak nih di televisi. Dengan fitur andalan dual mode transmission, matic bisa manual bisa, walau sebenarnya bukan barang bagi para penggemar otomotif roda 4, namun jelas merupakan hal baru namun di masyarakat awam ini adalah sesuatu yang baru.

Penasaran juga, mari kita coba.

Tanpa ba bi bu langsung saja dicoba. Terima kunci dan lalu ditemani oleh si mbak Sales Head dari Dealer Suzuki Sumber Baru Mobil. Agak aneh juga, biasa testdrive ditemani marketing laki-laki, sambil menyetir sambil menerangkan fitur dan sensasinya. Kalo ini yang menemani perempuan, apalagi jabatannya sales head, jadi kurang bisa omong masalah teknik.

Perjalanan sepanjang 6,5 km di jalanan kota Cilacap dengan lalu lintas padat kurang lebih 5 km dan lewat jalan yang cukup sepi selebihnya.

Testdrive Karimun Wagon R AGS 02

Testdrive ini fokus pada impresi sistem AGS yang jadi andalan mobil ini

Testdrive Karimun Wagon R AGS 01
AUTOMATIC TRANSMISSION

Hidupkan mesin, geser shifter ke posisi D, lepaskan hand-brake sambil secara reflek menginjak pedal gas. Untuk shifternya bentuknya persis shifter manual, kecil dan tanpa knob.

Walau sudah injak pedal gas kok nggak bergerak. O…Rupanya harus menekan pedal lebih dalam agar tenaga keluar. Setelah di dapat setelan yang pas, langsung jalan, walau jarum speedometer cukup ditahan di 40 km per jam. Mode matic ini memang cocoknya untuk santai dan kota-kota saja.

Di mode manual ini, angka indikator gear juga berubah dari angka kecil ke besar dan sebaliknya dengan embel-embel “D”.

MANUAL TRANSMISSION

Ketemu lampu merah lalu masuk jalan yang lebar dan sepi. Saatnya mencoba transmisi manualnya. Geser tuas ke M, otomatis muncul angaka 1 dengan tambahan “M”. Injak pedal gas dan terasa putaran mesin naik dan akselerasi lebih galak. Shift up cukup geser ke belakang dan gear akan bertambah.

Mode manual ini memang lebih galak daripada mode matic. Namun tetap saja perbedaan antar gigi tidak terlalu terasa, beda sekali dengan manual sesungguhnya. Dan ada rasa kagok, karena penambahan gigi mirip di game mobil di pusat permainan. Tanpa injak kopling, gesernya begitu ringan dan tidak ada hentakan.

Yang agak beda memang putaran mesin bertambah sehingga kita harus berpindah gigi.

Iklan

12 pemikiran pada “Testdrive Karimun AGS, Rasakan Sensasi Auto Gear Shfit

  1. oww ga ada hentakannya. unik. jelas enak buat santai neh. bisa lebih eco riding. padahal teknologi begini sudah lama kan. tapi bagus yang suka matik ga dibully ‘real man’ :mrgreen:

    Suka

  2. Ping balik: Tips Bagi Pemilik Mobil Yang Tinggal Di Jalan Sempit | Maskur's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s