Vespa Itu Sudah Seperti Mobil


Vespa PX200Vespa adalah legenda, sampai sekarangpun masih banyak penggemarnya. Bahkan sampai yang “die harder” turing jarak jauh dengan vespa seadanya. Berarti motor ini punya ketahanan yang bagus, dan troubleshoting yang mudah.

Walau sekarang sudah tak banyak di jalanan sehari-hari, dan yang versi terbarupun sudah menggunakan mesin otomatis, banyak kelebihkan Vespa manual yang membuatnya sudah seperti mobil. Apa sajakah itu : 

Body Pelat Logam

Di era motor plastik ini, jika body pecah atau retak bisa dikatakan sudah tidak bisa dikembalikan seperti semula. Nah beda dengan vespa ini, jika penyok bisa diketok, didempul, dicat lagi dan tampak baru kembali. Mirip mobil kan?

Oper Gigi Pakai Tangan

Tangan kiri ketika mengendarai Vespa, berfungsi sebagai penarik tuas kopling sekaligus pemindah gigi. Mirip mobil lagi kan?

Ban Depan-Belakang Sama Dan Punya Ban Serep

Motor lain kalo bermasalah dengan ban jelas cari tukang ban. Vespa ini ban depan dan belakang sama persis dan lebih lagi punya ban serep. Kalo salah satu ban gembos, ganti saja dengan ban serep, tinggal lepas baud pegangan roda, ganti dengan roda pengganti. Mirip banget sama mobil kan?

Selain yang diatas bisa ditambahkan sebagai berikut

Kaki kiri santai : Pengoperasian dilakukan dengan kedua tangan plus kaki kanan untuk pedal rem belakang. Kaki kiri nganggur, ini juga mirip mobil matic.

Pelopor Dek Luas : Sebelum era skuter matic seperti sekarang, bawa galon air atau karung paling mudah dengan vespa. Asal tak mengganggu pengoperasian rem belakang, hayok aja.

Pelopor Bagasi Besar : Jaman dulu di dalam negeri belum ada yang mikir motor pakai bagasi yang muat jas hujan, buku, dompet atau jaket sekaligus. Vespa sudah memakainya dengan bagasi di sisi kiri, kemudian di bawah stang. Walau sekarang tergolong kecil, namun fungsional.

Gantungan Barang Di Dek Model Pengunci : Gantungan di dek adalah variasi tambahan di motor bebek jadul. Kemudian muncul di skuter matic, itupun belum pakai pengunci. Baru kemarin Vario 110 dan Supra X Fi memakai yang mirip. Vespa sudah dari duluuuuuuuuuuuu…

Kurang lebih seperti inilah kelelebihan vespa.. Ada yang menambahkan?

 

Iklan

4 pemikiran pada “Vespa Itu Sudah Seperti Mobil

  1. knalpot di bawah, sama kan dengan mobil :mrgreen:

    lampu sein kotak besar, sama kan dengan mobil 😆

    lampu sein belakang memanjang ke bagian samping, sama kan dengan mobil 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s