Untung Rugi Jalan Dengan Perkerasan Beton Dan Peluang Bisnis Ke Depannya


Perbaikan Jalan Slarang 1Menjelang Lebaran dan bertepatan dengan masa puncak proyek rutin, banyak pembangunan jalan di sana sini. Baik sekedar menambal lubang, pelapisan aspal ulang secara total, pelebaran jalan maupun penggantian tipe perkerasan.

Karena beban kendaraan yang makin meningkat, daya tahan jalan semakin menurun. Ditambah di wilayan tertentu yang kondisi tanahnya tergolong labil, maka pengaspalan tidak akan bertahan lama.

Proyek Jalan Beton

Solusi paling memungkinkan adalah penggantian tipe perkerasan dari perkerasan lentur yang umumnya dengan hotmix, diganti dengan perkerasan kaku (rigid) menggunakan beton, baik bertulang maupun tidak.

Penggunan rigid pavement ini mempunyai keuntungan dan kerugian.

Keuntungan :

  • Yang utama adalah daya tahan yang cukup lama dan mampu menahan beban yang cukup tinggi.
  • Selain itu pengerjaannya tergolong simpel, “hanya” menuang campuran beton ke begesting yang disediakan, tanpa memerlukan pemadatan.
  • Pemeliharaan mudah, jika ada kerusakan bisa ditutup dengan beton atau dioverlay dengan aspal.

Kerugiannya :

  • Harga yang cukup mahal, sebagai contoh mudah, dana yang sama nilainya untuk pekerjaan hotmik berupa overlay sepanjang 4 km, jika diaplikasikan ke perkerasan beton hanya cukup untuk kurang leboh 1 km.
  • Selain itu sesuai dengan namanya perkerasan kaku, ketik dilintasi jalan beton ini kurang nyaman bagi kendaraan.
  • “Memakan” kompon ban lebih cepat.
  • Proses pembangunan mengharuskan jalan ditutup sehingga menimbulkan kemacetan. Selain proses pengerjaan, umur beton juga mesti diperhatikan sampai mencapai kekuatan optimal.

Kelihatannya banyak ruginya, namun jika melihat sisi durabilitas maka tidak salah jika perkerasan kaku ini menjadi pilihan. Terutama untuk jalan-jalan yang tergolong “bandel” dan yang dilalui beban tinggi.penjual ban mobil

Nah karena tren penggunaan rigid pavement ini terjadi di banyak tempat, maka peluang bisnis yang bagus ke depannya adalah Toko Ban. Umur ban makin tipis, pembelian ban makin tinggi.


Iklan

10 pemikiran pada “Untung Rugi Jalan Dengan Perkerasan Beton Dan Peluang Bisnis Ke Depannya

  1. iyo pakde perkerasan rigid wis dadi pilihan terutama di jalan antar kota beban lintas tinggi.. cen bener kurang nyaman tapi gimana lagi.. sebulan kepungkur lewat dalan temanggung-kendal nembe dicor beton dadi macet banget.. tapi piye meneh kondisi daerahe ngono kae dan dilintasi truk muatan berat terus..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s