Trik Ngirit Tenaga Di Pertigaan


Pertigaan Muhandas Cilacap

 

Puasa-puasa gini tidak ada salahnya ngirit tenaga, salah satunya ngirit tenaga ketika mau menyeberang di pertigaan tanpa Lampu Lalu Lintas berbentuk “T”. Dimana kendaraan yang dimaksud berada di bagian tegak dari huruf “T” tersebut.

Dua motor berada di sisi kanan mobil merah, nah kalo saya biar ngirit tenaga dan pikiran lebih baik memposisikan diri di sebelah kiri mobil.

Penggambarannya semacam ini:
situasi jalan - pertigaan

Kebanyakan pemotor akan memilih bertumpuk di posisi A. Saling berebut paling dahulu. Bahkan saking banyaknya sampai menutupi jalur di yang diperuntukkan untuk kendaraan dari kiri yang berbelok langsung. Memang dari posisi ini paling cepat tahu kondisi lalu lintas di jalur utama dan otomatis paling cepat menyeberang. Namun jika lalu lintas cukup ramai diperlukan kerja keras otak untuk melakukannya.

Bagi pengendara mobil, posisi motor-motor ini selain berjajar juga lebih maju dari posisi pengemudi. Efeknya pandangan pengemudi tertutup, sehingga tidak bisa memantau dengan jelas kondisi lalu lintas di jalur utama. Sering kesel juga pas di posisi mobil merah itu. Acara memotong jalan jadi lebih lama.

Nah jika saya jadi pemotor dan memungkinkan, akan memilih posisi B. Nggak usah mikir terlalu berat lalu lintas yang akan kita seberangi. Ikuti saja mobil merah itu, ketika mobil itu jalan kita ikut jalan, sekalian berlindung kalau-kalau ada motor yang berjalan lurus dari kanan, jika tertabrak maka akan kena mobilnya dahulu.

Tapi jangan terlena juga, siapa tahu ada truk yang berjalan lurus dan menabrak si mobil, maka kita akan kena juga. Amati kondisi sebelah kanan mobil lewat kaca, jika memungkinkan.


Iklan

3 pemikiran pada “Trik Ngirit Tenaga Di Pertigaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s