Nasib Lampu Motuba, Sering Tidak Dianggap


Forsaku Sein Nggak Jelas

Mengendarai mobil tua, sering kali terlihat ada motor yang akan menyalip dari kanan, padahal posisi sudah mepet marka jalan tengah dan sein dihidupkan. Pernah pula diteriakin :”kalo belok riting dong!”


Ternyata tak cuma motor, pernah pula kasus yang sama namun dengan mobil, cuma kemudian sang mobil sadar dan ambil posisi kiri.

Penasaran, akhirnya coba posisi berhenti dan amati dari dari luar apakah sein belakang memang tidak terlihat. Soalnya sering ketemu di jalan, sein mobil tua memang tak terlihat jelas di siang hari. Pengamatan pada mobil sendiri ternyata sein belakang masih terlihat jelas. Berarti yang bermasalah bukan pada seinnya.

Suatu sore ada Mitsubishi Kuda yang notabene nyala seinnya cukup jelas terlihat. Mobil ini mau parkir di sisi kiri jalan, dan otomatis menyalakan sein. Dari jauh pun sudah terlihat, namun motor belakangnya malah ambil posisi kiri. Pertanda dia tidak memeperhatikan karakter lalu lintas.

Kesimpulannya:

  • Banyak pemotor tak memahami “bahasa tubuh” kendaraan di depannya. Motor atau Mobil yang jelas besar jika melambat pasti ada sesuatu di depannya, dan itu seringkali diabaikan pemotor.
  • Bagi pengendara mobil, hati-hati dengan motor yang mengikuti tepat dibelakang.
  • Bagi pemotor, jika mengikuti mobil terutama mobil tua perhatikan dengan benar lampu sein mobil depannya.
  • Bagi pemilik mobil tua, cek selalu nyala lampu sein belakang.

Iklan

11 pemikiran pada “Nasib Lampu Motuba, Sering Tidak Dianggap

  1. Usulanku sih utamanya boat yg tua. Pahami cara berlalu lintas r2. klo perlu beli bukunya agar bener ngerti. Agar klo ke anak briefing dolo hak & kwjban bkendara agar paham. ga asal hidup mesin dan bisa jalan aja, spion lampu rem dan sen pakai. juga toleransi tenggang rasa dipahamin. ga semua org kaya makanya ada kndraan tua juga. sory pnjng komen ku mas bro kang (ga pake sist, kaboorrr) soalnya bbrp x liat dan juga ngalamin hal dijalan ampe dongkol.
    klo mobitua bila sen nya redup, inovasiku ya biar aja kc pintu kiri dpn terbuka. siapkan tongkat garuk plastik utk melambai yg biasa dipake buat gatal sebagai sen tambhn. klo kanan kan sopirnya yg melambai. tapi jgn kaya hohohehe motogp melambainya brkesan sombng, ngoahahahaaa

    Suka

  2. Coba bandingkan dengan sein mobil baru, jauh banget bedanya. Jadi coba perbaiki kelistrikan, bersihkan lagi rumah lampunya.Semoga jadi lebih kelihatan.

    Suka

  3. menurutku bukan maslah motubanya tapi karena kelakuan motoris yang absurd sekarang ini terutama yang ibu ibu, lha aku mobil baru juga sering gak dianggap ama biker…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s