Komparasi Alas Kaki Untuk Menyetir


Alas Kaki Untuk Menyetir
Tentang alas kaki untuk menyetir sebenarnya pernah saya tulis di tulisan sebelumnya, namun bagaimana jika dibahas lebih detail. Berikut macam-macam alas kaki yang umum dipakai

1. Nyeker

Nyetir alas kaki NyekerNyeker artinya tanpa alas kaki. Dari pengalaman beberapa orang katanya lebih nyaman mengemudi tanpa alas kaki. Feelingnya lebih akurat katanya.

Namun sepertinya menginjak pedal dengan kaki tanpa alas ini cocok untuk jarak dekat. Kalo melakukan perjalanan panjang kaki akan cepat lelah, kontak dengan pedal-pedal juga bisa membuat pegal atau memar.

Selain itu faktor tungkai sebagai pivot/sumbu perpindahan dari pedal gas dengan rem akan menambah faktor  ketidaknyamanan yang lain. Apalagi jika telapak kaki tergolong kecil, dijamin tidak nyaman.

(+) Feeling Dapat

(-) Cepat lelah, pegal, sakit

 2. Sandal Jepit

Sandal Jepit Putus 07Sandal jepit juga banyak digunakan sebagai alas kaki juga pada saat mengemudi. Nyaman, fleksibel namun mudah nyangkut karena tertekuk ke bawah, kurang nyaman bahkan membahayakan.

(+) Feeling dapat, nyaman, fleksibel

(-) Mudah menyangkut, mudah lepas, kurang fashionable

3. Sandal Karet

sandal karretYang ini senyaman sandal sepit namun dengan alas lebih tebal. Tidak mudah nyangkut, walau feelingnya kurang namun dengan alas yang tebal justru mengurangi kerja kaki. Namun karena sandal maka kurang kencang memegang kaki.

(+) Alas tebal, kerja kaki lebih ringan, tungkai terbantu.

(-) Sandal mudah lepas, kurang fashionable

4. Sandal Kulit

sandal kulit

Sandal tipe ini biasanya beralas keras, permasalahan ada pada tumpuan atau pivot. Keuntungannya fleksibel dalam pemakaian atau fashion.

(+) Fashionable, acara resmi masih cocok.

(-) Alas keras, bikin pegal di tungkai, sandal mudah lepas

5. Sepatu Keds

Sepatu NikeSepatu seperti ini punya kelebihan alas kaki yang empuk nyaman buat tumpuan. Sepatu juga “memegang kaki” lebih mantap. Fashionable namun tidak cocok untuk ngantor atau kondangan.

(+) Memegang kaki lebih mantap, tumpuan empuk, fashoinable

(-) Untuk acara resmi kurang cocok

6. Sepatu Pantofel

sepatu pantovel

Buat orang kantoran pasti kebanyak pakai sepetu model ini. Pas buat nyetir namun alas kaki umunya keras. Tumpuan kurang nyaman.

(+) Fashionable dan resmi

(-) Alas kaki keras

7. Sepatu Safety

Sepatu Safety 1
Sepatunya orang lapangan, tebal dan memegang kaki dengan mantap. Alas tebal juga membuat kerja kaki ringan. Kelemahannya karena kaki “terkurung” jadi kurang leluasa.

(+) Pegangan mantap, alas tebal meringankan kerja kaki

(-) Kaki terkurung, kurang leluasa


Sebenarnya semua masalah kebiasaan, jika terbiasa pakai satu model alas kaki, akan nyaman-nyaman saja. Namun untuk aksidental, untuk jalan jauh saya memilih pakai Sepatu Keds. Dengan menyiapkan sandal atau sepatu resmi tentunya, tergantung acara.

Iklan

6 pemikiran pada “Komparasi Alas Kaki Untuk Menyetir

  1. awal awal nyetir sampe beberapa taun kemudian selalu nyeker.. lama kelamaan sekarang pake sendal jepit, sendal gunung, sepatu kets, maupun safety shoes sudah pancal saja.. walau begitu, memang bener prefer sepatu kets atau sendal gunung..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s