Serbuan Pemotor Di Pemakaman


Minggu pagi, sekira pukul 5.30 WIB. Udara di sekitar Gumilir Cilacap masih dingin, brrrrrrrrrrrrrr…. mayoritas penduduk masih asik dengan selimutnya. Sebagian tampak berjogging di jalanan, sebagian lain tampak mengayuh sepedanya dengan kostum lengkap.

Ternyata ada rombongan lain yang jumlahnya cukup banyak. Pengendara motor dan sepeda yang beda seragam, beda kendaraan namun satu bawaan, membawa cangkul atau sapu lidi.

Hmm ternyata rombongan ini berkumpul di sini:

Motor Di Makam 1

Ini adalah lokasi Tempat Pemakaman Umum Congot di Kelurahan Gumilir Cilacap Utara. Hari itu adalah Minggu Pon dimana masyarakat Gumilir mengadakan acara bersih rutin kuburan.Motor Di Makam 2

Menurut kabar, cara rutin ini dilaksanakan setiap Minggu Pon bukan karena masalah hari baik, mengagungkan hari tertentu dan takhayul yang lain, namun dikarenakan melestarikan kebiasan orang terdahulu dimana acara yang sama dilakukan setiap waktu itu.

Motor Di Makam 3

Dijaman dulu barangkali tidak ada barisan motor seperti di atas, di jalanan juga pasti tampak barisan orang berjalan membawa peralatan menuju makam. Sekarang diganti dengan iring-iringan sepeda motor, dan tanpa helm tentunya. :mrgreen:

Sekarang perkembangan penggunaan sepeda motor memang luar biasa. Dari pekerja tidak tetap, tukang bersih-bersih, pekerja serabutan punya motor. Secara fungsi memang kendaraan ini fleksibel. Kebetulan jalan masuk ke area makam juga baru diaspal. Namun hal ini tak diimbangi dengan kesadaran keselamatan berkendara. Minggu nggak mungkin ada polisi mengadakan razia, jadi tak usah pakai helm. Sepertinya di antara pemotor itu cuma saya yang berhelm. 😦

Iklan

6 pemikiran pada “Serbuan Pemotor Di Pemakaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s