Kekurangan Radiator Coolant


Kuras radiator 02

ilustrasi

Radiator coolant disarankan karena mengandung unsur pencegah karat. Hal ini sudah diuji baik oleh media ataupun perseorangan dengan cara perendaman paku. Nah hasilnya penggunaan radiator coolant tidak/kurang menimbulkan karat. Jadi radiator yang berbahan logam lebih awet dan minim sumbatan.

Namun apakah tidak ada kekurangannya? Ternyata ada, apakah itu?

Ketika radiator coolant mengendap dan tidak bersirkulasi dalam waktu cukup lama ternyata kandungan di dalamnya bisa mengendap berbentuk seperti lem cair yang lengket berwarna putih. Nah endapan seperti lem ini muncul di sudut-sudut pertemuan dua bidang, baik di dasar radiator maupun di lekuk tutupnya. Endapan ini jika tidak dibersihkan juga akan menyumbat lubang-lubang di dalam radiator.

Ini saya dapati informasi dari dua orang di tempat dan waktu berbeda:

  • Pertama ketika mengecek sebuah motor yang saya beli second, yang sepertinya diam cukup lama. Ada endapan putih yang semula saya kira ada oli masuk ke radiator. Ketika saya tanyakan ke mekanik Bengkel resmi, katanya itu endapan Coolant.
  • Kedua di bengkel mobil, setelah cek motuba terus ngobrol dengan mekaniknya. Sampai membahas tentang radiator, dia pun bilang bahwa jika Coolant diam dalam waktu lama, endapannya akan menyumbat.

Jadi pemakaian Coolant ini baik, namun perlu perawatan dan penggantian. Jika didamkan juga tidak baik. Jadi jika anda menebus kendaraan berpendingin cair yang kabarnya diam cukup lama, segera bersihkan radiatornya, baik memakai Coolant ataupun air biasa.

Baca Juga

Iklan

5 pemikiran pada “Kekurangan Radiator Coolant

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s