Menyicipi Es Gempol Pleret


Es Gempol Pleret 2

Es Gempol Pleret, jaman masih kuliah di Solo dulu sering lewat jalan dekat Bandara Adisucipto ini dan ada tulisan Es Gempol Pleret. Nama yang tidak mainstream karena mirip nama daerah, “Gempol’ sama “Pleret”. Kira-kira minuman apa ya? Tanya teman-teman kok juga belum pernah tahu.

Beberapa tahun kemudian Es Gempol Pleret di wilayah Solo keluar di acara Wisata Kuliner oleh Bondan Winarno. Pembawa acaranya memang pintar mereview suatu makanan. Kesannya minuman ini segarrrr…Es Gempol Pleret 1Nah 2015 ini kebetulan kok naik motor dari Prambanan  ke Jogja. Selepas Kalasan jadi teringat Es Gempol Pleret ini, jalan pelan-pelan akhirnya ketemu juga warung sederhana ini. Lokasinya tidak jauh dari lampu merah Bandara Adisucipto ke arah timur, barat jembatan.

Segera pesan dan cicipi. Ternyata es ini hanya air santan, es batu plus air gula jawa, plus isinya dua macam. Yang satu berbentuk bola-bola terbuat dari beras, mirip nasi dan ini dinamakan Gempol. Yang satu semacam adonan tepung beras yang dikukus berbentuk lembar yang hasilnya bertekstur agak kenyal diwarnai pink, dinamai Pleret. Memang segar di saat panas

Menurut kabar es ini dari Solo, tapi 5 tahun di Solo malah belum pernah ketemu es ini. Ada juga yang bilang es ini asalnya dari Blitar. Kurang tahu sejarahnya, dan kabarnya es ini ada juga di Semarang dan Jepara. Namun saya juga belum pernah ketemu di Jepara.

Terkait

Iklan

15 pemikiran pada “Menyicipi Es Gempol Pleret

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s