Balon Parkir, Alat Bantu Parkir Yang Murah-Fungsional


Masalah parkir ternyata memang menjadi masalah di negara-negara di dunia. Kebanyakan pasti di negara berkembang dimana transportasi massal masih belum terlalu memadai. Di negara maju semacam Korea ternyata juga hal ini menjadi masalah. Nmaun di sana masalah parkir lebih dihubungkan dengan efisiensibahan bakar. Dan solusinya sangat simpel, dengan sebuah balon parkir.Balon Parkir Di Korea 1Balon berbentuk anak panah yang berisi gas ringan sehingga bisa melayang yang diikat tali ini dimaksudkan untuk menolong mobil yang mau parkir sehingga tidak harus muter-muter cari tempat kosong. Hasilnya penghematan bahan bakar.
Balon Parkir Di Korea 3

Nah jauh di sana terlihat balon melayang, itu artinya ada slot kosong untuk dimasuki mobil.
Balon Parkir Di Korea 4
Ketika ada mobil yang parkir, balon akan turun berada di belakang mobil. Ha ini karena tali pengikatnya “terinjak” body mobil.

Balon Parkir Di Korea 2Mekanismenya seperti gambar di atas ini :

  • Mobil masuk ke ruang parkiran, tali pengikat balon akan mengikuti body mobil sehingg balon turun, tidak terlihat karena tertutup body mobil. Hal ini sekaligus menjadi penanda posisi akhir body mobil. Karena jika melebihi batas, balon tentu akan terinjak.
  • Ketika mobil keluar, balon terbebas dan karena gas ringan di dalamnya, balon akan melayang, memberi tanda bahwa tempat itu kosong.

Sebenarnya hal seperti di negara super maju barangkali telah diterapkan sensor. Ketika ruangan kosong maka sensor akan mengirimkan data ke server dan akan ditampilkan di display. Namun cara ini jelas jauh lebih mahal dari pada sebuah balon.

Kira kira jika diterapkan di sini akankah sistem balon parkir ini akankah berjalan? Atau balon-balon akan hilang dalam dua hari.. 😦

Terkait

video lengkapnya bisa disimak di bawah ini (buffer dulu)

 

 

Iklan

7 pemikiran pada “Balon Parkir, Alat Bantu Parkir Yang Murah-Fungsional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s