Polisi Tidur Merusak Jalan


Polisi Tidur Menahan Air Menggenang

Jalan rusak, itu masalah klasik dan ada di mana-mana, dan segala sesuatu seolah yang salah adalah pemerintah. Padahal kita sebagai masyarakat juga bisa ikut menjaga agar jalan di sekitar kita terjaga perkerasan aspalnya. Paling mudah adalah menjaga agar air hujan tidak menggenang di jalan dalam waktu yang lama, karena air adalah musuh perkerasan aspal.

Lha kok bisa? Aspal kan minyak bumi harusnya kan kalis seperti halnya air ketemu minyak? Benar aspalanya memang kalis, tapi yang dirusak bukan aspalnya namun ikatan antara agregat dengan aspal. Air itu punya daya resap tinggi, ikatan agregat yang tergenang air pori-porinya akan terisi air, air mengisi ruang di dalam ikatan tersebut, maka ikatan antara aspal akan rudak dari dalam. Ikatan lepas maka rusaklah jalan.

Contoh perilaku masyakarat yang meruska adalah seperti foto di atas. Ini adalah jalan dengan dainase dibawah badan jalan. Jadi kanan-kiri jalan tanpa penyalur air, langsung bertemu dengan tembok-tembok pagar rumah. Jadi air mengalir sepanjang badan jalan mencari lubang drainase. Ketika dibuat polisi tidur secara full dari kanan-kiri batas badan jalan, maka jalan air akan tertutup. Air menggenang dan terjadilah seperti paragraf ke-2 tadi.

Terkait

Iklan

3 pemikiran pada “Polisi Tidur Merusak Jalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s