Kenapa Sarung Tangan Nempel Motor Dibilang Kurang Aman?


Glove Cempal Dapur 2

Sarung tangan nempel motor (Satamo) sebenarnya bukan barang baru, namun sepertinya akhir-akhir ini makin marak, baik dipakai pengguna, di toko aksesoris atau di onlineshop. Bahkan di kaskus ada thread khusus tutorial pemasangannya, dan di komentar Page 1 hampir semuanya bernada miring, alasannya jelas nggak aman dalam kondisi darurat.

Sarung tangan cempa dapur tersebut memang punya satu keunggulan yaitu PRAKTIS. Dengan sarung tangan tersebut, tangan bebas ketika ambil turun dari motor langsung tarik tangan, mau ambil uang di dompet juga tinggal menarik tangan, mau mengaktifkan ponsel juga praktis.

Aman atau tidaknya bagaimana, coba kita tinjau dari satu sisi, menurut pengalaman saya sebagai pengendara motor yang pernah jatuh ketika berkendara. Kita lihat ilustrasi berikut :

jatuh dari motor menyentuh aspal

Ketika jatuh dari motor, ada refleks tangan menahan tubuh, istilahnya “nyagak”. Nah ketika menggunakan sarung tangan nempel motor, atau tidak menggunakan sarung tangan sama sekali, otomatis yang menahan tubh tadi adalah telapak tangan telanjang. Bayangkan tangan telanjang beradu dengan aspal, bisa-bisa seperti ini:

telapak tangan terluka

Terbayang sakitanya tuh dimanaaaaa? 😯

Nah jika kita menggunakan sarung tangan /glove yang sebenarnya, maka setidaknya, yang bersentuhan dengan aspal adalah kain/fabric material pembuat Glove tadi. Jadi dapat meminimalisir luka di tangan. Itulah fungsi sesungguhnya dari sarung tangan untuk pengendara motor.

Terkait

Iklan

21 pemikiran pada “Kenapa Sarung Tangan Nempel Motor Dibilang Kurang Aman?

  1. Wah… tak aman banget rupanya ya? Mmmm… saya lihat di kota Banda Aceh sudah mulai jadi trend juga ini sarung tangan. Tapi lucu kayak penutup tangan yang dipakek di dapur.. hehe 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s