Spooring Mobil Itu Tidak Mahal


Spooring di bengkel mahal dan tampak mewah itu kayaknya bikin minder pemilik mobil tua. Merasa nggal level karena tampak yang masuk itu mobil baru dan mahal semua. Tapi suatu saat ketemu tetangga naik Minicab dan sedang di spooring-balancing di sana, wah pede aja tuh dia.

image

Berapa sih harga Spooring?
Ada yang takut mahal, ada yang bilang juga :“Spooring itu bisa sendiri kok, cuma pakai tali.” Kalo di bengkel besar sepertinya dipasang alat semacam sensor di rodanya.

Tarif Spooring 0

Spooring itu di bengkel besar di kota Cilacap, dimana pelanggannya adalah mobil-mobil baru dan mahal-mahal, cuma 50 ribu. Balancing 4 roda juga cuma 50 ribu. Metodenya dengan sensor yang dipasang di roda lalu dibaca oleh alat, kemudian terbca di monitor. Di alat tersebut ada database mobil-mobil tertentu, dimana angka-angka standar pabrikan untuk sudut-sudut kemiringan roda dan sebagaianya. Spooring itu melakukan penyesuaian angka sesuai yang tertera di monitor.

Fungsi Spooring itu apa? Untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Setelah ganti part kaki-kaki sebaiknya langsung dispooring.

Ban Habis bagian dalam

Setelah ganti Tie-Rod dan shockbreaker, saya tidak langsung melakukan spooring. Hasilnya ban bagian dalam tergerus terlebih dahulu bahkan sampai gundul, padahal bagian luar masih ada kembangan. Itu terjadi karena posisi roda terlalu melebar di bagian bawah, jadi posisi menapak roda miring, setir makin berat. Setelah ganti roda baru lanjut spooring setir kembali enteng (non Power Steering).

Terkait

Iklan

5 pemikiran pada “Spooring Mobil Itu Tidak Mahal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s