Perlintasan Rel Kubangkangkung Memang Berbahaya


Perlintasan rel kubangkangkung

Kemarin telah terjadi kecelakaan antara Kereta Api Serayu dengan Truk pengangkut pasir di perlintasan rel Kubangkangkung, Kawunganten, Cilacap. Dan memang setiap saya melewatinya, selalu berpikir “ini kondisi jalan yang membahayakan”

Kita lihat foto dari Street View di bawah ini untuk memberikan gambaran jelasnya :

Perlintasan rel kubangkangkung dan penampang

Perlintasan rel ini berada tepat di patahan tanjakan. Jadi dari arah jeruk legi kendaraan pasti menurunkan gigi sampai persneling 1. Selain karena melindas rel, juga untuk ancang-ancang untuk jalan yang tiba-tiba menanjak.

Perlintasan rel kubangkangkung jarak

Tanjakan selepas rel juga tergolong curam, ditambah lagi menikung ke kiri. Panjang tanjakan kurang lebih 100-150 meter. Pengalaman menggunakan : Kijang Kapsul, Xenia, Avanza dan Forsa, dari gigi 1 ketika di tengah tanjakan naik ke gigi 2 masih belum kuat. Jalur ini memang banyak dilalui truk-truk ukuran sedang (6 roda) dengan muatan penuh. Nah seringkali di tanjakan selepas rel ini, truk-truk memakan jalur sebelah untuk mengurangi kecuraman jalan.

Kejadian truk mundur karena tidak kuat di jalur ini sepertiny wajar terjadi jik truk kelebihan beban muatan atau sopir truk kurang siap.

Mungkin perlu dipikirkan oleh pemerintah pusat solusi untuk menangani jalur ini, dengan memangkas kecuraman tanjakan atau dengan menambah lebar jalur.

Iklan

22 pemikiran pada “Perlintasan Rel Kubangkangkung Memang Berbahaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s