Jalur Majalengka-Banjar, 3 Jam Melintasi Jalur Keriting


indomie goreng crop

Mie instant keriting semrawut tapi enak dan gurih, tapi kalo bikinnya kebanyakan dijamin nek dan perut nolak. Sama juga dengan jalan mulus berkelok-kelok, asyik tapi kalo terlalu panjang jalurnya juga bikin lengan keriting. Itu yang terjadi kalo kita melintasi jalur Majalengka – Banjar yang memotong lebar Jawa Barat dari Jalur Utara ke Jalur Selatan.

Jalur Majelangka Banjar

Itu yang terjadi ketika saya pulang dari acara lamaran keponakan di Kadipaten, Majalengka. Untuk mencari jalur variasi lain dan kebetulan memang tujuannya Cilacap, akhirnya diputuskan mengambil jalur Selatan. Sesuai informasi Mas Mulyanto kabarnya jalurnya lebar dan bagus.

kadipaten - banjar

Dan kenyataannya memang jalurnya mengasyikkan, jalan lebar, mulus dan berkelok-kelok. Sopirnya dijamin tidak ngantuk dan selalu terjaga. Penumpangnya yang ditakutkan pada mabok, untungnya tidak terjadi. Melintasi dua kabupaten, Majalengka dan Ciamis. Melintasi kecamatan Majalengka – Maja – Banjaran – Talaga – Cikijing (Kabupaten Majalengka) lanjut Panawangan – Rajadesa – Rancah dan Cisaga (kabupaten Ciamis).

Di tengah gunung ternyata kota-kota kecil yang dilewati punya bangunan terutama Masjid yang bentuknya bagus dan indah. Nilai arsitekturnya tinggi.

Kadipaten - Cilacap via Majalengka Banjar rute

Dan yang jelas sepanjang 100 kilometer atau waktu tempuh lebih dari 3 jam, kita disuguhi jalan yang keriting, aspal cukup bagus kecuali di kecamatan Rancah, serta pemandangan segar menghijau di kanan kiri jalan.

Di jalur ini ada beberapa pertigaan, dan karena tujuannya jalur selatan selalu diambil arah Ciamis, kecuali pertigaan selepas Penawangan, ambil arah Rajadesa.

Dan seperti halnya mie instant di atas, cornering di jalur ini memang enak tapi kalo kebanyakan alias kepanjangan jalurnya dan kelamaan durasinya, bikin pegel lengan sopir dan bikin penumpang selalu bertanya “Kapan Sampainya”. Keriting dahh!!!

Baca Juga

Iklan

11 pemikiran pada “Jalur Majalengka-Banjar, 3 Jam Melintasi Jalur Keriting

  1. Salam kenal mas, baiknya kalo lewat sini siang ya? Apa ada petunjuk arah ke banjar? Atau lbh bagus lewat kawali ciamis? Trims ya

    Suka

    • wah maaf kurang tahu, karena cuma lewat sekali mungkin bisa tanya lewat media sosial, semacam facebook pasti banyak yang dari daerah tersebut

      2016-12-28 5:38 GMT+07:00 Maskur's Blog :

      >

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s