Desain Rumah, Utamakan Garasi Atau Ruang Tamu?


bentuk-garasi-rumah-minimalis

Desain rumah sekarang, baik di perkotaan maupun pedesaan, banyak mengacu kepada desain rumah untuk perumahan dengan lahan tidak terlalu luas. Harga tanah memang makin mahal di hampir semua lokasi. Desain khas perumahan itu umumnya menghabiskan lahan kanan-kiri dengan tembok dan penggunaan carport berupa ruangan terbuka yang beratap, sebagai pengganti garasi.

Gambar 3D Desain Rumah dengan Garasi

Nah bagi yang ingin bikin rumah dengan garasi, ada baiknya dibikin luas sekalian dan mampu muat sebuah mobil dan sisa ruangan yang lega. Karena garasi selain sebagai kandang kendaraan, juga bisa difungsikan sebagai semacam gudang untuk penyimpanan alat-alat atau barang lain.

Denah rumahku

Pengalaman saya mendesain rumah, saya memang sertakan garasi walau waktu itu belum punya bahkan belum ada niat mengandangkan kendaraan roda 4. Saya bikin garasi dengan ukuran 4×3 meter memanjang. Di sebelah garasi ada ruang tamu yang saya bikin 4×3 meter juga namun melebar, lebar total 7 meter. Nah ketika saya ada rejeki mengandangkan mobil, ternyata panjang 4 meter masih kurang sekitar 30 cm agar Rolling door bisa menutup sempurna. Akhirnya saya mengeluarkan uang lagi untuk memperpanjang garasi 2 meter lagi menjadi 6 meter.

Denah rumahku 2

Garasi 3×6 meter memang muat untuk menaruh 1 mobil, 2 motor dan 4 sepeda serta beberapa barang lain. Namun ketika semua kendaraan itu masuk di dalam, asksesibilitas susah. Misal ketika masuk ke mobil musti bekerja keras di sela-sela motor dan pintu mobil hanya bisa dibuka sedikit. Mau ambil barang juga tidak mudah. Mau mengeluarkan sepeda motor yang di depan harus mengeluarkan dulu yang belakang.

Itung-itung saya menyesal kenapa duu tidak dibuat lebar sekalian, jadi 3,5 x 6 meter, dan ruang tamunya menjadi 3,5 x 3 meter. Ternyata ruang tamu cukul kecil saja. Dahulu berfikir ruang tamu perlu luas juga untuk mengantisipasi acara semacam arisan atau yang lain. Ternyata arisan bisa memanfaatkan Ruang Tamu Plus Teras, atau kalo ada Kumpulan Keluarga dalam jumlah besar bisa juga ditambah menggunakan garasi. Dan acara semacam itu bisa jadi setahun sekali.

Terkait

Iklan

13 pemikiran pada “Desain Rumah, Utamakan Garasi Atau Ruang Tamu?

  1. Ane sependapat dengan ente gan.. Garasi vital karena digunakan setiap hari. Sedangkan tamu gak selalu ada tiap hari, apalagi acara kumpul2 begitu, bisa disiasati lah.. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ping balik: Walau Kecil, Usahakan Rumah Punya Garasi | Maskur's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s