Dilema Pohon Besar, Teduh Namun Mengancam


image

Pohon besar dan rimbun di pinggir jalan itu teduh dan menghilangkan panas, selain itu jadi paru-paru kota yang bisa menyerap polusi dan menyediakan udara segar. Namun di sisi lain, ketika terjadi hujan angin, pohon tersebut bisa menjadi hal yang membahayakan.

image

Minggu in sekitar hari Senin dan Selasa terjadi hujan deras disertai angin kencang di sekitar kampus UGM. Kampus UGM ini memang teduh dan sejuk dengan pohon-pohon besarnya. Nah ternyata ada pohon tumbang di parkiran yang menimpa sepeda motor seperti foto di atas.

image

Ada juga yang menimpa sebuah mobil Chevy Spin milik salah seorang dosen yaitu pak Sindung Tjahyadi.

Nah ada kontadiksi di sini mengenai pohon yang besar dan teduh namun menyimpan bahaya, namun jika ditebang akan membuat lingkungan gersang.

Langkah preventif terhadap bahaya pohon tumbang adalah dengan memangkas bagian dahan yang sudah berumur dan nampak terlalu panjang sehingga rawan patah. Pemotongan dahan ini juga bertujuan mengurangi beban pohon. Namun hal ini juga hanya mencegah sedikit, karena ketika angin kencang bertiup pohon selain patah dahannya bisa juga tumbang karena tercabut dari akarnya.

Barangkali khusus untuk parkiran memang harus disediakan area khusus yang minimal ber atap. Walau tanpa pohon namun tetap teduh.

Bagaimana?

Baca Juga

Iklan

4 pemikiran pada “Dilema Pohon Besar, Teduh Namun Mengancam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s