“Panggilan Sayang” Untuk Tipe Mobil Tertentu


Kebiasaan orang Indonesia (atau orang luar juga) suka menciptakan Nickname atau nama panggilan yang mudah diingat, termasuk juga untuk kendaraan-kendaraan, dalam hal ini untuk yang beroda 4 atau lebih. Memang dengan nama ini jadi mudah diingat, namun seringnya nama asli atau nama teknisnya malah terlupa.

Panggilan sayang itu ada yang berupa nama makanan atau yang berhubungan dengannya, nama hewan, wayang serta bentuk-bentuk tertentu bahkan ada nama pelawak segala. Berikut beberapa yang umum masyarakat

mobil kapsul

Kapsul, umum digunakan untuk menyebut mobil yang bersudut melengkung, padahal seri sebelumnya masih mengkotak. Paling umum adalah untuk menyebut Kijang Kapsul yaitu kijang yang keluar sekitar tahun 97-200. Bahkan generasi setelahnya bisa dibilang kembali mengkotak namun tetap disebut kapsul. Selanjutnya adalah Starlet kapsul, setelahnya kadang digunakan untuk menyebut mobil lain yang perubahan bentuk dari mengkotak ke bentuk lengkung.

Bakpao - starlet kapsul

Bakpao, untuk menyebut starlet yang membulat, bahkan menjadi sebutan untuk mobil-mobil hatchback lain yang bahkan tidak mirip bakpao.roti tawar - vw kombi

Roti Tawar, mulanya untuk menyebut VW Kombi, namun merembet ke mobil-mobil tanpa moncong ataupun semi bonnet.

Kaleng kerupuk - avanza

Kaleng Kerupuk, yang ini untuk menyebut mobil sejuta umat yang laris manis namun terlihat ringkih bodynya.

wonder setrika

Setrika, untuk menyebut Civic Wonder SB3 (hatchback). Yang herannya seri penerusnya yaitu Nouva dan Estilo tidak disebut setrika, jadi Wonder Setrika cuma untuk seri ini.

Kijang Buaya

Buaya, untuk menyebut kijang generai pertama yang kap mesinya membuka semua sampai bagian sampingnya sehingga mirip mulut buaya, jadilah Kijang Buaya

Toyota Buaya

Buaya yang lain adalah truk keluaran Toyota ini, moncongnya yang panjang jadi mirip moncong buaya.

Kijang Doyok

Doyok, sebenarny bukan Doyok pelawak namun Doyok yang merupakan tokoh kartun di Pos Kota, entah bagaimana asal mulanya, namun karakter Doyok yang agak tonggos yang menjadikan Kijang generasi kedua ini disebut Kijang Doyok.

 

VW kodok

Kodok, Sebutan untuk VW Beetle di Indonesia, Beetle kan kumbang kok jadi kodok ya? Ya mungkin gendutnya itu yang lebih enak disebut VW kodok.

mobil bagong

Bagong, wayang Bagong punya mata bulat melotot, jadilah Colt T, Carry ST 1000 dan Hijet awal ini disebut Colt Bagong, Carry Bagong dan Hijet Bagong karena headlampnya melotot seperti Bagong.

Mercy Bagong

Bagong selanjutnya adalah Tronton legendaris ini, matanya juga melotot, namun yang mirip dengan bagong adalah Bonnetnya, mirip hidung dan mulut bagong, Mercy Bagong.

mobil sipit

Sipit, nah setelah Colt punya mata melotot, generasi penerusnya muncul dengan lampu sein yang mirip mata sipit, Hijet juga demikian, jadilah Colt Sipit dan Hijet Sipit.

Taft Kebo

Kebo atau Badak, Taft keluaran awal ini mungkin karena tenaganya yang gede, atau suka berkubang lumpur makanya disebut Taft badak dan di sisi lain disebut Taft Kebo.

Kebo Blazer

Kebo yang lain adlaah untuk mobil-mobil dengan torsi melimpah, cocok untuk medan berat semacam Blazer atau mobil tipe Jip.

Jimny jangkrik

Jangkrik, Yang ini untuk Suzuki LJ80 alias Jimny awal. Kenapa jangkrik, mungkin karena kecil-kecil namun mampu “menembus tanah” alias off-road jadilah Jimny Jangkrik

 

 

galant hiu

Hiu, siluet lampu depan Galant VR ini mirip Hiu, keganasan mesinnya makanya disebut Galant Hiu

suzuki-st20-carry-wide

Truntung, yang ini adalah Carry ST20 yang bermesin 2 tak, bunyinya truntung..trung..trung… makanya disebut Carry Truntung..

Ada lagi?
Baca Juga

Iklan

15 pemikiran pada ““Panggilan Sayang” Untuk Tipe Mobil Tertentu

  1. kompor untuk mobil dengan besi pemanas
    komplong / omplong untuk truk generasi lama ( dibawah 1999 )
    Tepak untuk truk ragasa
    Lou han untuk truk canter, hino keluaran baru

    Suka

  2. versi motor

    mio smile
    megapro primus
    vixion bledeg
    tiger picek
    shogun kebo
    jupiter burhan
    domba garut
    muka sempak

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s