Jazz Vs Yaris, Dulu – Sekarang


Comparison-Jazz-VS-Yaris

Karena orang kantor ada yang baru membelikan istrinya Jazz tipe terbaru, jadi mengamati jalanan. Sepertinya New Jazz yang bermata sipit sekarang jarang dijumpai, masih lebih sering ketemu New Yaris sebagai rivalnya. Apakah revisi body kali ini memang  yang Yaris berhasil unggul.

Itu sekadar pengamatan di jalan, tapi katanya ada yang protes kalo stateman blogger harus didukung data yang valid. Oke kita ambil artikel media mainstream saja, yaitu Kompas :

Meski hanya terpaut 806 unit dengan Honda Jazz, Toyota Yaris berhasil menduduki tahta hatchback terlaris sepanjang tahun lalu. Total penjualannya dari Januari hingga Desember 2015 tercatat sebanyak 18.151 unit.

Ternyata memang Yaris telah mengungguli Jazz sepanjang tahun 2015. Bearti upgrade body yang berubah total pada Yaris memang unggul dari “revisi headlamp” pada Jazz… 🙂

Jazz vs Yaris Gen 1

Tengok tahun-tahun sebelumnya, Jazz lah yang merajai kelas Hatchback/mini MPV ini. Mobil Honda ini di Indonesia bisa disebut pelopor munculnya model Hatchback lagi di awal Millenium setelah beberapa tahun menghilang, dari merk Mainstream. Bentuknya juga elegan, pas untuk anak muda, elegan untuk orang tua. Beda dengan Yaris yang lebih ke anak mudaan, bahkan bisa dibilang Girly.

7 tahun Jazz bertahan dengan model lama, akhirnya keluar revisi body yang bisa dibilang mayor change tahun 2007/2008, yang dikenal dengan nama Jazz RS. Sepertinya dengan revisi ini makin banyak saja ditemui di jalanan. Nah tahun 2014 muncul lagi Jazz dengan mata sipit, yang secara garis besar sebenarnya masih membawa garis body versi sebelumnya.

wpid-yaris.jpg

Yaris memang muncul belakangan, sekitar tahun 2006 dan baru mendapat mayor Change tahun 2014-an. Nah revisi body ini bentuknya lebih elegan, tak lagi girly namun elegan dan sedikit agresif, pas untuk anak muda dan orang tua.

jazz vs city

Beda dengan Jazz sekarang yang makin mirip dengan sedan City, jadi mengingatkan SB3 dengan Wonder, Nouva dengan LX/GC, Estilo dengan Genio, Amenity dengan Esteem, Winner dengan Classy, Twincam dengan Liftback. Padahal Yaris itu seperti Starlet yang tidak ada versi sedannya. Dan lagi City sekarang juga muncul sebagai Taksi seperti halnya Limo sebagai kembaran Vios. Apakah mirip taksi ini juga membuat Jazz berkurang gengsinya.

Tekait

Iklan

10 pemikiran pada “Jazz Vs Yaris, Dulu – Sekarang

  1. Padahal Yaris itu seperti Starlet yang tidak ada versi sedannya
    coba di jejerin
    vios-limo lawas dgn yaris, bagian endasnya pakdhe
    hehe
    klw starlet sy emng gtw klw ada versi sedan nya

    Suka

    • yang atas kan udah ada watermarknya Autonetmagazine yang lain lupa soalnya udah lama nyimpen gambarnya hehehee

      On 10 March 2016 at 12:17, Maskur's Blog wrote:

      >

      Suka

  2. Kalo versi tabloid otomotif edisi 43 (03-09 maret 2016), untuk 2015 jazz laku 19.005 di atas yaris yang laku 18.372.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s