Kelebihan Motor Bebek Di Era Praktis


image

Bebek masih eksis ternyata, masih ada yang berplat putih. Akhir-akhir ini jika ketemu kendaraan plat putih berhuruf merah itu, kalo tidak Motor Matic, Motor Sport ya Mobil LCGC. Nah ternyata diantara ketiganya ternyata masih didapati bebek berplat putih, bertipe Jupiter.

Supra - Shogun - Jupiter

Kembali ke era 2000 sampai 2010-an motor bebek mulai merajai jalanan. Sport hanya selingan dan alternatif untuk kebutuhan khusus, selebihnya adalah bebeeeeek dari berbagai merk, baik yang asli maupun KW ada. Ternyata dalam kurun waktu 10-15 tahun era berubah, yang tadinya Motor Bebek yang praktis namun tetap bisa buat gaya dan Motor Sport yang ribet sekarang menjadi Matic yang praktis, sport yang bisa buat gaya dan motor bebek yang nanggung.

Nama Supra dan Jupiter yang dulu berjaya sekarang tidak ada apa-apanya dibanding Vario dan Mio, apalagi Shogun yang pernah jadi idola anak muda, sudah mati lamaaa.

wpid-Petualangan-Zeta-Bebek.jpg

Kembali ke bebek tapi, sebenarnya memang masih diperlukan. Untuk apa? Untuk belajar mengendarai sepeda motor bagi pemula. Bebek pas untuk pengenalan menggunakan sepeda motor bagi pemula. Karena :

  • Perlu pemahaman pengaturan gas dan persneling, tidak seperti matic yang tinggal gas. Berguna untuk pengendalian emosi dalam berkendara, juga menjadi dasar untuk mengenal motor berkopling manual.
  • Karakternya tidak menghentak
  • Tenaga tidak terlalu besar
  • Bobot ringan
  • Body ramping dan mudah melakukan troubleshooting jika terjadi masalah

Ini tidak berlaku untuk bebek-bebek sport alias motor sport yang menyaru menjadi bebek. Mungkin kapasitas produksi bebek tidak perlu ditambah, namun tetap harus eksis untuk “alat belajar”. Lihat di sekitar kita, anak kecil naik matic yang tinggal gas, sepertinya tidak punya latihan pengendaian emosi, asal bisa lari pokoknya gasssssssssss…. bahaya.

Iklan

20 pemikiran pada “Kelebihan Motor Bebek Di Era Praktis

  1. aku masih setia sama bebek si oranye f1zrr, kalo dijalan anak sekarang banyak yg ngremehin bebek ini, tapi setelah kuladeni kalah semua, hehehe…

    Suka

  2. kalo buat nge-GOJEK kya sy..enakan bebek gan. banyak yg pake Mio, Beat dll. pd ngeluh..enakan bebek katanya. pasalnya matic sokbrekernya cuma 1 cepet jebol katanya dan jg CVT jg gampang putus.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s