Perbaiki Bumper Penyok Dengan Air Panas, Hoak Atau Fakta


Bumper Penyok

Bumper mobil yang penyok, katanya bisa diatasi dengan Air Mendidih, banyak yang share trik tersebut, apakah cuma hoax atau fakta? Kita simak dari grup Karimun Club Indonesia yang baru saja mempraktekkan cara tersebut. Sebelum dan sesudahnya bisa dilihat dari foto berikut.

Bumper Rusak dengan Air Panas

Tidak bisa dengan sempurna namun lumayan jauh perbedaanya daripada kondisi awal penyok. Cara ini intinya adalah melunakkan plastik material bumper, kemudian setelah lentur bisa ditekan tekan ke posisi semula.

Dalam thread tersebut menggunakan trik Hairdryer, namun menggunakan air panas juga bisa jika tidak punya alat tersebut.

Karimun Bumper Penyok 3Caranya kita kutip saja alis copy paste dari grup tersebut :

Ada dua trik

  1. Pake hair dryer untuk memanaskn permukaan yang penyok, setelah bumper plastik panas kemudian tekan dari dalam agar kembali seperti semula permukan bumpernya, teorinya adalah plastik bumper yang panas akan menjadi lentur sehingga mudah mengembalikan posisi seperti semula.
  2. Panci digunakan untuk memasak air, untuk di manfaatkan air panasnya menyiram pemukan bemper plastik yang penyok, dengan trik ini pekerjaan lebih mudah dan cepat, minusnya kalo terlalu panas warna cat yg tersiram akan sedikit pudar.

“Lebih maksimal dan aman dari cat pudar kalo di siram air dari bagian dalam, kalo lecet/baret wajar yang penting bisa kembali kebentuk semula. Kalo lecet permukan catnya terangkat/terkelupas mesti di cat ulang, kalo lecet didasar catnya aja bisa di compon/pake Autan untuk mengilangkan bekas cat lain yang menempel di permukaan.”


Tambahan : Sertinya trik tersebut ampuh untuk mobil-mobil keluaran baru, karena umumnya sekarang materialnya terbuat dari plastik yang lebih tipis. Untuk mobil lama, biasanya lebih tebal pastiknya. Selain itu, plastik juga punya umur elastisitasnya, kalopun materialnya sama, namun jika sudah berumur maka plastik akan kehilangan lenturnya dan menjadi getas, trik ini tidak bisa dilakukan.

Iklan

9 pemikiran pada “Perbaiki Bumper Penyok Dengan Air Panas, Hoak Atau Fakta

  1. pengalaman pribadi sy.. bemper penyok trus pake alat sprti hair dryer tp bukan yg u/ rambut tp yg mmg khusus biasa di pakai bengkel, trus kl sdh panas tinggal di dorong dari dalem.. beres deh… dan no.hoax

    Suka

  2. fakta kok, aku pernah praktekin di altis dan sirion, pake air panas bahkan kusorot lampu yang panas juga bisa… yah mobil sekrang plastik kaya mainan bandai hehehe… tapi irit sih dan mungkin lebih aman karena menyerap benturan kan?, beda sama dulu pas aku bawa trooper, taft kebo dan roxy besi semua tuh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s