Dilema Pengangkutan Bambu


angkut bambu

Bambu adalah salah satu hasil kebun/hutan yang sangat fungsional. Benda satu ini jadi bahan material yang penting dengan berbagai macam penggunaan. Dan sejak dahulu kala sejak masih menggunakan gerobak, mengangkut bambu itu menjadi sesuatu yang menantang.

Truk Angkut Bambu

Truk di atas sampai rela kehilangan pandangan kaca depan secara sempurna karena mengangkut bambu.

Masalahnya pengangkutan bambu bukan dikarenakan beratnya, rambu adalah benda yang tergolong ringan apalagi dari dimensinya, mayoritas bahkan merupakan lubang udara. Yang menjadikan kesusahan dalam transportasi adalah karena dimensi bambu yang panjang. Bambu dibutuhkan secara utuh dari pangkal sampai pucuknya. Panjang batang bambu ini bisa 2 kali lipat panjang truk 6 roda, sehingga dalam pengangkutan, pasti ada bagian bambu yang berada di luar body truk, baik ke depan maupun ke belakang.Truk Angkut Bambu 2 - ambles

Sehingga ketika berjalan, momen inersia truk akan bertambah. Di jalan lurus mungkin tidak ada persoalan, namun masuk jalan berkelok-kelok truk angkut bambu menjadi sumber masalah, jalannya pelan, di belokan terpaksa memakan jalur lawan agar bisa berbelok dengan aman. Karenanya truk pembawa bambu ini rawan ambles karena masuk jalur luar badan jalan yang masih berupa tanah.

Truk Angkut Bambu 3 - terguling

Atau bahkan terguling seperti ini, kemungkinan karena manuver yang kurang semurna di jalanan menikung.

Motor Angkut Bambu

Dan di era motor gerobak ini pun, motor tipe ini tak mau kalah angkut bambu. (foto ini pernah dimuat di Tabloid Otomotif sekitar tahun 2005)

Iklan

5 pemikiran pada “Dilema Pengangkutan Bambu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s