Njajal Efisiensi SHD


Efisiendi SHD 00

PO Efisiensi telah meluncurkan bus tipe SHD untuk melayani rute Yogyakarta ke wilayah barat Jawa Tengah yaitu Cilacap dan Purwokerto awal April lalu. Bis dengan desain tinggi dan dua level kaca di bagian depan ini bisa dikatakan menghebohkan para bismania. Nah Jumat kemarin pas kebetulan kok dapat tiket jam 12 siang dari Jogja dan dapat merasakan seperti apa sih Bis tipe SHD ini.Karena kaca depan ada dua level banyak yang mengira ini adalah bus tingkat, namun sebenarnya kaca bawah untuk sopir sedangkan kaca atas untuk penumpang. Level lantai dari sopir ke ruang penumpang memang beda cukup jauh, sekitar 3 atau 4 anak tangga.
Efisiendi SHD 01

Posisi kepala sopir dengan kaki penumpang. Kebetulan display depan menayangkan film yang menarik dari novel JJR Tolkien “The Hobbit”. Lumayan karena biasanya ketika naik bus HD jurusan Cilacap, yang diputar adalah Deddy Dores, Nike Ardila dan Alda.

Kurang lebih seperti ini kondisi di dalam kabin penumpang, kursi penupang terpisah, dan masing-masing ada pegangan di sisi kanan kirinya.Efisiendi SHD 02

Dashboard sopir ada layar yang menayangkan citra dari kamera.Efisiendi SHD 03

Display di jok depan penumpang, sebenarnya bukan barang baru, yang baru adalah adanya slot USB dan port earphone, namun sayang sepertinya belum difungsikan.

Efisiendi SHD 05

Display tambahan di bagian atas, ini terdapat di atas baris kedua sebelah kiri.

Untuk kenyamanan, memang lebih senyap di dalam kabin, suspensi juga terasa lebih empuk. Seri HD biasanya ketika menginjak polisi tidur terdengar bunyi gluduk-gluduk, seri SHD ini bunyi itu sudah jarang terdengar.

Banyak yang tanya SHD itu apa? Super Heavy Duty kaya tipe tower telekomunikasi? Bukan SHD itu Super High Deck, artinya deck penumpang super tinggi. Ada yang tanya lagi kelebihannya apa? Sepertinya kelabihan utama adalah kapasitas bagasi makin meningkat, selebihnya adalah penampilan yang lebih gagah. Namun karena tinggi, di beberapa tempat sering menyenggol ranting pohon. Nah kabaranya Efisiensi akan mengoperasikan SDD alias Super Double Deck, wah apa nggak nabrak pohon ya? Atau ketika melintas jembatan kereta di Tambak apa nggak nyangkut.

Efisiendi SHD 14

Nah rupanya bis ini memang banyak yang tertarik. Anak-anak berseragam SLTA tampak berkumpul di pangkalan Efisiensi kebuman, lalu foto-foto dan tanya-tanya ke crew Efisiensi. Di jalan juga tampak banyak yang memotret bis ini. Jadi ilahkan mencoba… tarifnya sama dengan bus reguler kok.

Iklan

20 pemikiran pada “Njajal Efisiensi SHD

    • untungnya neng efi bukan PO yang terkenal hobi meliuk dan ngebut cukup ekstrim, lha wong di jalurnya aja secara waktu masih kalah dari pemain baru walau soal kenyamanan dan kemewahan tak usah diragukan lagi.. yang patut ditunggu besok SHD yang dipakai Eka malah mas, apa tetep masih ada goyang kanan khas jawatimuran seperti armada sekarang.. :mrgreen:

      Disukai oleh 1 orang

        • wkwkwk rep ngeblong yo pikir pikir pakdhe..
          sinjay ro sumber alam kan itungane wis do tuwo, ra heran sih, kecuali sinjay exce sik rn285 mayan walau jinise dudu bis balap.. 😆

          Suka

  1. Ping balik: efisiensi SHD, jebul koyo ngene | kankkunk - blognya nbsusanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s