Bis Yang Mengalahkan Estimasi Google


Mandala

Jaman sekarang, kita dapat mencari rute, bahkan melihat kondisi traffick aktual dengan Google map. Selain itu, kita juga bisa meng-estimasi durasi perjalanan dengan peta digital ini. Estimasi dadi google ini tidak terlalu kencang lho kecepatan rata-ratanya, sekitar 38 km per jam. Dan itupun sering meleset jika kita melakukan perjalanan sendiri. Wajar juga menginat hambatan di jalan dan kemungkinan berhenti karena istirahat di perjalanan.

Namun ada juga yang bisa lebih cepat daripada estimasi Google ini, dan saya sering mengalaminya ketika menggunakan Bus Malam.

Efisiensi Cilacap Jogja

Rutin menggunakan layanan PO Efisiensi jam 1 malam, dari Cilacap ke Jogja. Menurut G-Maps jarak 179 km dari Pool Cilacap ke Pool Ambarketawang, durasi 4 jam 33 menit. Kenyataanya start jam 1 malam, sampai Ambarketawang jam 4 pagi, mendahului 1 jam 33 menit. Jadi kecepatan rerata bus pun cuma 60 km/jam.

Solo - Jombang, 4 jam

Jaman masih kuliah S1, saya naik PO Mandala dari Boulevard UNS menuju Terminal Jombang jam 00.00 pas. Begitu masuk Ngawi seperti biasa bus malam juga mulai ngedan, yang jelas saya berusaha tidur walau sesekali terbangun karena manuver bis. Dan sampai Jombang jam 03.00 pas. Kita cek di G Maps, jaraknya 193 km, estimasi waktu adalah 4 jam 55 menit. Jadi rerata kecepatan bis aktual adalah sekitar 65 km/jam.

Yang ini ternyata lebih gila lagiSumber Kencono Surabya Solo - 3 jam 45 menit

Surabaya – Solo ditempuh 3 jam 45 menit dengan bus Sumber Kencono. Cek di G Map : Surabaya - Solo

Ambil estimasi Terminal Purabaya sampai Tirtonadi, jarak 252 km, estimasi G Maps adalah 6 jam 32 menit. Aktualnya 3 jam 45 menit, jadi kecepatan aktual adalah “cuma” 67.2 km per jam. Kira-kira urat takut si pengemudi ditaruh dimana ya?

Dan ternyata kecepatan rata-rata 60 km per jam itu aslinya kencang. Kalo cuma lihat speedometer dan trip pendek sih tidak bisa jadi patokan. Intinya yang penting YAKIN, yakin bisa dan yakin selamat.

Terkait

Iklan

10 pemikiran pada “Bis Yang Mengalahkan Estimasi Google

  1. wekekekek.. bis jawa timuran memang punya pesona sendiri.. jarene di jalur jogja ke barat efisiensi pun soal waktu masih sering kalah dari duo eka dan sugeng rahayu cepat pakde.. pernah baca di grup fb bismania.. :mrgreen:

    Disukai oleh 1 orang

  2. jaman kulian neng surabaya, dari terminal jogja start jam 11 mlm. bilang ke kernet bangunin kalo dah sampai bungur. finis jam 4 pagi. jam 7 masuk kuliah. pake bis apa? ya SR andalan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s