Wisata Religi Di Singapura


Bermacam-macam tujuan seseorang melakukan wisata, meskipun intinya sama untuk mendapatkan hiburan setelah jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Seseorang berwisata ada yang ingin menikmati pantai, aneka kuliner khas daerah yang dituju, tempat shopping murah, mencari jejak sejarah, dan lain sebagainya. Kali ini yang akan diulas adalah wisata religi, bagaimana jika lokasinya di Singapura?

a

Sumber gambar: vhotel.sg

Di Singapura terdapat lokasi yang memiliki banyak wisata religinya, seperti di sekitar hotel berbintang empat Ve Hotel Lavender. Jika ingin lebih tahu mengenai hotel tersebut, bisa langsung mengunjungi situs Traveloka.com. Beragam info penting tersedia lengkap, mulai dari jenis kamar, fasilitas, dan harga kamar. Sebaiknya sih, kalau ada rencana liburan ke Singapura di peak season, jauh-jauh hari sudah mempersiapkan segalanya. Persiapan booking hotel sampai lokasi wisata yang dituju.

Terlebih jika tujuan Anda adalah Singapura, karena negara ini termasuk destinasi favorit para wisatawan. Singapura sendiri semakin mempercantik tempat-tempat wisatanya agar para wisatawan yang datang puas. Di sini terdapat tempat-tempat wisata dari yang high budget hingga low budget loh, jadi Anda tidak perlu cemas untuk mencoba jalan-jalan ke Singapore. Yuk, mulai menelusuri tempat wisata religinya!

Kampung Glam

Pertama melangkah untuk wisata religi di Singapura, ada baiknya Anda menuju Kampung Glam, karena dari titik ini ada beberapa tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi.  Awalnya Kampung Glam merupakan tempat bermukimnya orang Jawa dan Bugis dari Indonesia, dan menjadi center masyarakat muslim di Singapura. Namun kini Kampung Glam menjadi salah satu lokasi wisata.

bussorahpedestrianmall

Sumber : singaporevr.com

Di Kampung Glam Anda bisa melihat berbagai bangunan dengan arsitektur China. Di sini banyak toko yang menjual kebutuhan ibadah Umat Islam, Anda juga bisa mengunjungi Masjid Sultan yang bangunannya terlihat sangat megah dari Kampung Glam. Masjid tersebut banyak dikunjungi wisatawan, sekarang mari meluncur ke  Masjid Sultan!

Masjid Sultan

a2

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Masjid Sultan selain masjid terindah di Singapura, juga merupakan masjid bersejarah. Masjid ini adalah masjid pertama yang dibangun di Singapura dan  berada di Kampung Glam. Jika Anda masuk ke dalamnya, terdapat satu keunikan ornamen di sana. Susunan botol kaca berwarna hijau disusun secara terbalik untuk hiasan di bawah kubah yang membentuk glass block, cantik sekali. Botol-botol itu sumbangan para dhuafa dulu saat pembangunan masjid.

Keindahan Masjid berkubah emas ini merupakan karya besar Denis Santry.  Memang Masjid Sultan yang dibangun sekitar tahun 1824 ini mengalami banyak perbaikan dan perubahan. Sejarah dan keindahannya itu membuat Masjid Sultan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Singapura, yang wajib Anda kunjungi.

Di pelataran Masjid Sultan banyak terdapat pedagang kuliner khas Indonesia dan aneka cindera mata, harganya tidak terlalu mahal. Sehingga selain berkunjung untuk melakukan ibadah, foto-foto, Anda bisa sekalian menikmati kuliner dan membeli oleh-oleh. Jangan lupa, saat memasuki masjid, kenakanlah pakaian yang sopan.

Jalan Arab

a3

Sumber gambar: wiranurmansyah.com

Mengunjungi Masjid Sultan, harus mampir ke Jalan Arab karena masih satu lokasi. Di Jalan Arab yang banyak dikunjungi wisawatan ini, Anda bisa menikmati aneka kuliner khas Arab atau Timur Tengah, salah satunya ada teh tarik yang recomend  enak di Zam-Zam Cafe. Suasana Jalan yang berada di Kampung Glam benar-benar kental budaya Arab. Paling spesial jika Anda kunjungi malam hari, suasananya sangat semarak.

Masjid Hajjah Fatimah

Masjid ini terletak tidak jauh dari Masjid Sultan, konon Masjid Hajjah Fatimah sudah ada di Singapura sejak tahun 1846. Didirikan atas donatur  seorang pengusaha wanita yang bernama Hajjah wanita, sesuai dengan nama masjid tersebut. Bila Anda berkunjung ke sini, akan terlihat arsitektur masjid yang memiliki paduan Tiongkok, Eropa, dan Melayu sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

a4

Sumber gambar: beautifulmosque.com

Keunikan dari Masjid Hajjah Fatimah adalah menaranya menyerupai arsitektur bangunan gereja. Menara yang saat ini bentuknya miring ke arah kubah, sehingga dikawatirkan akan rubuh. Tetapi, menara yang miring itu menjadi bagian daya tarik wisatawan dan dijuluki sebagai Menara Condong.

Little India

Mengapa dalam wisata religi Anda perlu juga mengunjungi Little India? Sebab, Little India merupakan tempat wisata yang memang layak banget untuk Anda kunjung. Di sini suasannya benar-benar seperti India, dari barang-barang yang dijual sampai kulinernya yang serba rempah-rempah. Di Little India Anda bisa berwisata budaya sekaligus religi, karena di sini terdapat masjid yang menggunakan bahasa Tamil, yaitu Masjid Anggullia.

angguilia

Sumber : panoramio.com

Masjid Anggullia yang didominan warna kuning ini dibangun sebagai tempat untuk berkumpulnya kaum muslim dari Tamil India, namun juga dibuka untuk tempat ibadah secara umum. Masjid Anggullia dibangun sekitar tahun 1890, sudah tua juga, ya? Masjid yang dapat penampung kurang lebih 400 jamaah, layak masuk dalam daftar kunjungan wisata regili Anda.

  

Iklan

4 pemikiran pada “Wisata Religi Di Singapura

Komentar ditutup.