Ternyata Whatsapp Bisa Menimbulkan Fitnah


Whatsapp, aplikasi Chat ini sekarang mungkin jadi nomor satu (saya tidak baca-bca statistik, jadi cuma “mungkin”). Dengan berbagai kelebihan dan tentunya ada kekurangannya, hampir semua orang yang saya kenal sekarang aktif di “WA”

Tapi ternyata, ada sesuatu yang bisa bikin fitnah, atau salah paham, simak kejadian berikut : 

  1. Saya pernah mengalami Buka Grup A, kok muncul foto dari grup B yang sama sekali tidak ada hubungannya antar dua grup tersebut, heran juga. Namun setelah di pikir-pikir akhirnya ketemu jawabannya.
  2. Cukup lama setelah nomor 1, sayapun sudah lupa. Setelah posting foto si suatu grup WA, saya ditelepon oleh salah seorang anggota grup yang saya kenal baik. Dia menuduh saya posting foto pacarnya di grup Budaya. Lha saya kenal pacarnya saja enggak, punya fotonya juga enggak, kok bisa posting? Sayapun akhirnya ingat kejadian 1 dan menerangkannya ke teman saya tersebut. Entah dia paham atau enggak..

Akhirnya barangkali ada yang mengalami hal serupa, saya share pengalaman saya. Dan jawaban kenapa hal itu bisa terjadi, penjelasannya seperti ilustrasi di bawah ini :

whatsapp-pindah-folder

  1. di Whatsapp masuk kiriman gambar
  2. gambar di folder Whatsapp media dipindahkan ke folder lain
  3. masuk lagi gambar baru, dan kemungkinan karena nama file sama atau dibaca sama (punya atribut sama) oleh Whatsapp, akhirnya foto baru itu menempati foto lama yang telah dipindah folder, dan muncullah di aplikasi

Hal ini bisa jadi Bug dari WA, yang bisa menimbulkan fitnah. Bayangkan anda di grup relasi anda, teman anda punya hubungan dengan seorang wanita dan mengirimkan foto agak vulgar. Karena kejadian di atas, anda dituduh mengirimkan foto itu di grup…

Ya screenshot memang salah satu yang bisa menjadi bukti.

Contoh nyata kejadian yang saya alami seperti screenshot di bawah ini:

whatsapp-salah-gambar

Grup wayang, foto yang muncul tentang perkuliahan.

Catatan : Karena ponsel saya tergolong jadul, kapasitas telepon kecil, maka saya rutin memindahkan Whatapp image ke folder di SD Card. Oprek, hmmm lagi males….

Iklan

2 pemikiran pada “Ternyata Whatsapp Bisa Menimbulkan Fitnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s