Bahaya Juga Menguntit Driver Yang Kurang Jam Terbang


Perjalanan lewat jalur alternatif itu kadang menyenangkan. Biasanya kita bisa menikmati perjalanan atau jarang bertemu hambatan. Apalagi ketamu kendaraan di depan yang terlihat kencang dan agresif dalam menyalip, wah bisa slipstream nih. :mrgreen: Apadaya ternyata kendaraan agresif tersebut ternyata semacam dikendarai darah muda namun pemula, agresif ketika kosong namun jadi penakut ketika ketemu hambatan. Dua kali saya ketemu yang semacam ini, diikuti nggak nyaman, disalip ternyata sulit.

Takut Tikungan

Pertama mengikuti Avanza plat B di jalur Cipari-Cukangleuleus, Cilacap. Jalur ini dulu memang tergolong sempit, jika papasan dengan truk atau bus, kadang mesti turun roda. Atau ketika ada mobil di depan kita dan motor dari arah berlawanan, tidak ada kesempatan menyalip.

Lepas Sidareja, tampak Avanza hitam cukup agresif menyalip semua kendaraan di depannya. Wah bisa buat buka jalan nih, pake mobil tua dan kalah kapasitas jelas susah nyalipnya, apalagi lihat aksinya di jalan. Sidareja – Cipari kala itu jalannya baru diperlebar, jadi nyaman buat gaspol. Sampai Cipari berhasilah saya tepat di belakang mobil hitam tadi. Lepas Cipari, jalan menyempit, banyak tikungan dan tanjakan sekaligus. Nah di sini ketahuan si driver Avanza kurang pengalaman. Tiap mau nikung tampang lampu rem menyala cukup lama, dan mobil melambat, takut tikungan dia. Harus disalip nih, tapi memang susah, ketika jalan kosong dan urus dia kencang dan memang tidak kasih kesempatan untuk disalip. Mau tak mau harus kita yang sedikit agresif, slip stream sambil nyari tikungan yang memungkinkan untuk menyalip. Ceritanya berhasil nyalip nih, lanjut istirahat dan ngopi di SPBU Wanareja. Lagi menikmati kopi si mobil tadi baru tampak.

Takut Papasan

Yang kedua belum lama ini, di jalur Sokawera -Wijahan, Banyumas. Jalur alternatif ini sekarang cukup ramai karena mempersingkan jarak. Jalurnya relatif lebar untuk berpapasan dan sepi jug karena jalan desa.

Handycap jalur ini sebenarnanya cuma tanjakan, tampak dari peta diatas aslinya jalurnya lurus-lurus saja. Di jalur ini ketemulah dengan Suzuki Splash. Di jalan datar tampak agresif, mulai menanjak juga kencang, pas diikuti nih biar bisa pakai gigi tinggi ketika menanjak. Sampai suatu ketika lagi menanjak, si Splash itu tiba tiba ngerem, melambat dan turun gigi, serta minggir ke sisi kiri jalan, bikin panik saja. Untung enyonge lahir dan besar si situ, jadi tetap tenang saja hehe.. Rupanya ketika itu ada kendaraan dari arah berlawanan, ketika jalur lawan kosong, dia kencang kembali. Dan… setiap berpapasan Splash itu selalu ngerem dan minggir. Kurang jam terbang berarti. Yang ini tidak berhasil di salip karena jalan ramai.

Jadi jam terbang dengan berbagai kondisi jalan dan lalu lintas itu menang perlu.

Iklan

2 pemikiran pada “Bahaya Juga Menguntit Driver Yang Kurang Jam Terbang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s