Wayang Jogja, Unik Dan Asyik Pas Buat Wisata Budaya


Pentas Wayang Jogja, from https://kluban.net

Wayang kulit, merupakan warisan budaya yang masih eksis sampai sekarang tanpa mengalami perubahan drastis dari segi pementasannya. Memang sekarang banyak digunakan piranti modern dalam pertunjukan wayang ini, dari mulai tata cahaya, tata suara dan tentunya penggunaan alat musik modern seperti keyboard. Namun secara global, peralatan modern ini hanya sebagai pendukung. Kelir masih menggunaan kain putih, wayangnya masih wayang kulit, pakaian dalang, sinden dan niyaga masih “njawani” dan tentunya alat musik utama adalah gamelan.

Bagi orang awam, mungkin menganggap wayang kulit itu sama saja, dimanapun itu. Dan dalang yang terkenal adalah semacam Ki Manteb Sudarsono atau Ki Enthus Susmono. Padahal, di Jogja sebagai salah satu pusat kebudayaan, mempunyai wayang dengan gaya tersendiri, baik dari bentuk wayangnya maupun dari pementasannya. Dalang semacam Ki Seno Nugroho, Ki Catur Kuncoro, Ki Gondo Suharno, Ki Bambang Wiji Nugroho, Ki Radyo Harsono mungkin kalah tenar untuk skala nasional, namun cukup dikenal di wilayah Jogja. Gaya pementasan wayang Jogja itu ceria dan segar. Jika selama ini orang menganggap kelucuan akan kita dapatkan di segmen Gara-gara, maka di pentas wayang Jogja, kelucuan akan kita dapatkan hampir di sepanjang pementasan.

Memang sekarang kalo sekedar “menonton” wayang itu sangat mudah kita dapatnya. Di youtube terdapat ratusan lakon yang telah diungguh, tinggal pilih mana yang kita sukai. Namun, suasana ketika kita menonton wayang secara langsung tidak akan kita dapatkan di internet. Kita bisa ikut gerr gerran bareng pentonton dan crew ketika di pentas. Atau bahkan kita bisa nyeletuk agak keras, yang seringkali ditanggapi oleh sang dalang menjadi bahan lelucon baru. Itulah wayang Jogja, segar, renyah dan komunikatif.

Tertarik??? Jika anda berencana berwisata ke Jogja dan menonton wayang kuit khas Jogja, anda bisa merencanakan liburan anda dengan dua cara :

  • Pertama, tentukan jadwal liburan anda dan jadwal wayang kulit yang ada, untuk jadwal wayang kulit sangat mudah diakses dengan membukan situs –> INI
  • Kedua, cari tahu hotel yang terdekat lokasi yang ingin anda tonton, untuk yang itu baca terus artikel ini

Hotel yang murah di Jogja

Menurut informasi terpercaya, jika anda mau menginap dengan banyak pilihan dan banyak lokasi hotelnya sebaiknya booking hotelnya di Airy Rooms. Kenapa? Masih menurut informan tersebut, alasannya adalah karena :

  • Hotel Airy Rooms itu murah, mulai 100 ribuan juga ada.
  • Airy Rooms punya jaringan yang besar dan propertynya banyak, bahkan di gang kecil aja ada kok.
  • Fasilitasnya sip, standarnya punya 7 fasilitas di tiap kamarmya yaitu : AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis, mantap bukan?
  • Mesen kamarnya kekinian banget lah, bisa lewat website, Android Apps atau iOS Apps.
  • Pembayaran juga mudah kok, bisa lewat transfer bank, kartu kredit atau di gerai Indomaret.
  • Hotelnya mudah ditemukan, di google map pun utah tampak atau pas lewat di suatu tempat liat ada logo biru-biru berawan gitu, nah itu dia :mrgreen:

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s