Cara Mengurus STNK Hilang, Mudah!


STNK hilang? Pusiing terbayang, pasti ribet, pasti keluar dana banyak nih??? Saya pernah ngalamin STNK milik sendiri hilang, akhirnya bikin lagi sekaligus balik nama, memang dananya jadi nambah namun tidak masalah, karena memang pajaknya juga sebentar lagi masuk 5 tahunan.

Bagaiman ketika kita menghilangkan STNK orang lain. STNK tersebut masih atas nama pemilik sebelumnya. Domisili pemilik sebelumnya itu belum jelas ada dimana. Pusing bertumpuk kan? Tanya orang orang di deket samsat, sebut saja calo :mrgreen: katanya solusinya harus balik nama dan butuh dana sejutaan. Hmmm… bukan jumlah yang sedikit.

Cara yang ditempuh adalah tanya ke teman dan sodara yang notabene adalah aparat. Dan solusinya terbayangnya cukup ribet. Wah musti mampir samsat atau satlantas nih. Dan ketika mampir Samsat kota Yogyakarta yang kebetulan bersebelahan dengan Satlantas, pencerahan itu saya dapat.

Ternyata walau atas nama orang lain, STNK hilang bisa diurus, berikut sayarat mengurus STNK tersebut :

Kiri adalah versi di SAMSAT Kota Yogyakarta sedangkan kanan adalah versi Polisi di Satlantas, sama saja sebenarnya, cuma karena saya diterangkan langsung versi kanan, jadi saya menurut versi yang kanan :

  1. Identitas, Surat Kuasa
  2. BPKB Asli dan Fotocopy
  3. Surat Pernyataan Hilang
  4. Surat Keterangan Hilang (dari Kepolisian)
  5. Iklan Radio dan Koran (Kuitansi)
  6. Formulir dan Cek Fisik didapatkan di Samsat

Akan saya jelaskan satu per satu langkah yang saya lakukan

LAPORAN POLISI

Lapor ke Polsek terdekat dengan menyiapkan KTP asli dan fotocopy serta BPKB asli serta fotocopy.

IKLAN RADIO DAN KORAN

Cari penerbit koran terdekat dan juga radio terdekat. Untuk Kota Yogyakarta mudah saja, datangi ke KR jalan Mangkubumi Margo Utomo. Di Kedaulatan Rakyat ini sudah ada format pengisian untuk kehilangan STNK. Enaknya lagi di tempat yang sama juga terdapat Radio KR, jadi sekalian iklan Radio di sini. Cuma 20 ribu dapat dua kuitansi (Iklan koran dan radio).

SURAT PERNYATAAN DAN SURAT KUASA

Untuk yang ini disiapkan saja, bikin sendiri dengan ditanda tangani dan materai oleh pihak bersangkutan.

FORMULIR

Di fotocopyan di Samsat Yogyakarat disediakan 2 formulir yang telah bermaterai. Formulis pertama untuk STNK hilang sedangkan formulir kedua untuk kita yang tidak bisa membawa KTP asli sesuai yang tertera di STNK/BPKB

Formulir untuk kehilangan STNK

Formulir untuk yang tidak membawa KTP asli

Setelah mendapatkan formulir, kita isi dan tanda tangani lalu dibawa ke petugas berwenang. Dua formulir ini akan diparaf untuk dibawa ke bagian cek Fisik.

CEK FISIK

Dengan membawa semua berkas di atas, kita ke bagian cek fisik. Ikuti proses cek fisik lalu ke loket untuk mendapatkan struk pembayaran. Pembayaran dilakukan di loket BRI yang ada di Satlantas (sebelah samsat). Bukti pembayaran di tukar dengan formulir seperti diatas, lalu diisi sesuai data di BPKB. Oh ya untuk kasus ini saya cuma membayar 160 ribu di loket BRI.

LOKET RUBENTINALepas dari loket cek fisik dan formulir telah diisi, kita menuju bagian Rubentina di gedung Samsat utama. Tunggu pengecekan dokumen, kita akan mendapatkan Tanda Terima seperti di bawah :Dengan jarak waktu sekitar 10 hari kita bisa menukarkan Tanda Terima tersebut dengan STNK pengganti, dengan membayar sebesar 7000 (tujuh ribu rupiah).

Mudah sekali kan, cuma perlu kesabaran ketika antri dan berpindah loket.

Dan salut dengan Samsat Kota Yogyakarta. Tidak ada pungutan oleh petugas di tiap bagian. Pembayaran cuma saya lakukan di loket BRI dan di fotocopyan.

Iklan

3 pemikiran pada “Cara Mengurus STNK Hilang, Mudah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s