Keuntungan Tuas Persneling R Di Depan


 

Sebagai nubie, selama ini cuma tahu model persneling manual berbentuk mainstream yaitu model seperti di atas, persneling mundur atau “R” ada di sebelah “4” baik dengan atau tanpa “5”. Dan mungkin sudah terrekam di otak, jadi kalo pegang gear stick secara naluri sequence-nya sudah diluar kepala.

Nah sekali waktu ketemu yang seperti di bawah ini

pict : blog.amzas.com

Pertama adalah kagok ketika mau jalan mundur, tapi sebenarnya jika “pake otak” 🙂 hal ini memang tidak jadi masalah lagi. Kan gigi mundur juga tidak sering-sering dipakai. Cuma lagi mikir-mikir keuntungan apa ya dengan model seperti ini?

Setelah berpikir sambil lihat spion, ternyata posisi ini malah pas, karena orang mundur itu pasti dari atau ke gigi 1. Apakah benar keuntungannya seperti itu? Ada yang bantah, lha buktinya dengan posisi di sebelah kanan gigi 4 juga nggak masalah. Eh iya juga sih……… terus apa ya?

Ahaaa… Sebegai nubie pasti belum pintar nyopir, kadang mengalami pindah gigi dari 5 kembali ke 4 agak terlalu keras mendorong ke belakang, jadinya bunyi KREEEK!!!!!!!! bikin kaget! NAH di situ salah satu keuntungannya, dengan posisi R ada jauh di kiri, maka pindah gigi dari 5 ke 4 jadi lebih mudah. Kalo yang sudah nggak nubie lagi memang sudah tidak ngalami melakukannya lagi, kecuali khilaf.

Iklan

6 pemikiran pada “Keuntungan Tuas Persneling R Di Depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s