Jalur Daendels, Masuknya Lewat Mana?


Jalur Daendels atau Jalur Selatan-selatan, jalan ini cukup terkenal karena menjadi jalur aternatif di wilayah selatan Jawa Tengah DIY. Jalur ini punya trek lurus dengan kondisi cukup baik. Sebenarnya jalur ini membentang dari Adipala, Cilacap sampai Galur, Kulonprogo. Namun yang lebih sering jadi pilihan adalah dari Tambakmulyo, Puring (utara pantai Suwuk) sampai Temon, Kulonprogo. Jalur ini cukup lurus sepanjang 60 km dan mayoritas di jalan kita bisa gaspol.

Sudah banyak yang mengulas testimoni tentang kondisi dan kelebihan apa yang akan anda temui di sini. Di sini saya cuma ingin menulis tentang jalur masuk ke Daendels ini dari Jalur Utama Selatan.
Beberapa alternatif jalur bisa kita lewati untuk berpindah dari Jalur Selatan ke Jalur Selatan-selatan dari arah barat, bisa disimak dari gambar di bawah ini :

  • Nomor 1, Gombong – Tambakmulyo. Sebelum melintas kota Gombong, Kebumen, ada papan petunjuk yang menunjukkan arah ke jalur Selatan Selatan atau Yogyakarta alternatif. Tinggal ikuti jalan, yang cukup jauh, sampai pertigaan Jladri, belok kiri menuju Pantai Suwuk, lanjut ke Tambakmulyo dan langsung masuk Daendels. Jalur ini kondisinya kurang begitu bagus (Update Oktober 2017) dan termasuk cukup jauh, sekitar 21 km. Namun kita akan masuk jalur sepi lebih dahulu, dimana kita bisa gaspol sepanjang sekitar 10 km, dari Tambakmulyo sampai Petanahan.
  • Nomor 2, Karanganyar – Petanahan. Selepas kota Karanganyar, kita sampai rest area Candisari, maju sekitar 1 km akan kita temui pertigaan menuju Petanahan. Jalur ini paling lebar diantara  jalur masuk yang lain. Cukup 10 km ditempuh, kita sampai di Jalur Daendels. Kita juga belum terlalu ke timur, jadi bisa menikmati Jalur selatan-selatan lebih lama.
  • Nomor 3, Kebumen – Buluspesantren. Masuk dari jalur lingkar Kebumen, lampu merah ambil kanan. 8 km kita tempuh untuk sampai Daendels. Rute cukup bagus tapi tidak selebar jalur Petanahan.
  • Nomor 4, Kutowinangun – Ambal. Masuk di barat Kutowinangun sampai persimpangan kecamatan Ambal. 10 km ditempuh dengan kondisi jalan yang beragam (update Oktober 2017).
  • Nomor 5 adalah jalur tantangan, masuk dari Ijo atau dari Cilacap, kita kan melintasi pegunungan, naik turun berkelok-kelok. Tidak direkomndasikan untuk yang santai dan telah lelah menempuh perjalanan jauh.
  • Nomor 6 masuk dari Kutoarjo, tidak direkomendasikan karena terlalu singkat menikmati jalur Daendels.

Diantara pilihan jalur masuk di atas, yang paling direkomendasikan adalah nomor 2, Karanganyar – Petanahan. Karena jalur masuknya cukup bagus, lebar dan kita masih lama menikmati Jalur Selatan-selatan.

Iklan

Satu pemikiran pada “Jalur Daendels, Masuknya Lewat Mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s