Solusi Darurat Pengganti Tutup Radiator



Mobil overheat (OH) itu salah datu gangguan yang termasuk menyebalkan, mengganggu perjalanan. OH bisa jadi penyakit rutin, bahkan bisa jadi cacat salah satu tipe mobil tertentu yang jadi kasus umum. Tapi kalo mesin kondisi sehat tiba-tiba OH sampai mentoh H? Wah ada apa ini. Kemarin mengalami hal ini, lagi asyik jalan tiba-tiba tercium bau agak gosong. Lirik indikator suhu ternyata metok di H. Maklum karena harga bensin yang sering diem diem bae naiknya, kebanyakan memandang huruf E dan F daripada C dan H. 🙂 Langsung minggir dan matikan mesin, ternyata tutup radiator lenyap. Sepertinya kurang kencang nutupnya tadi, kerena sempat dibuka pas mau berangkat. Air radiator sudah kering, huft. Mana jauh dari pemukiman lagi.

Jalan beberapa meter ternyata ada rumah penduduk, langsung minta air. Sambil nunggu mesin mendingin, telepon beberapa teman dan bengkel, tanya solusi darurat. Datang salah satu teman bawa plastik bening (sebut saja plastik Es) dan karet gelang. Sebenarnya underestimate karena radiator itu tekananya tinggi, namun karena darurat, rumah masih 12 km lagi, akhirnya terpaksa dicoba. Ikatan karet diperkuat cable ties. Tampaknya begini : 

Coba hidupkan mesin ternyata nggak meletup, berani jalan nih. Jalan sekitar 2 km dengan kecepatan 10 km/jam, lalu berhenti cek apakah tutup masih berfungsi atau lumer. Sambil mampir di rumah teman tadi, 30 menit jalan lagi. Sekitar 3 km berhenti lagi, beli air mineral gede buat jaga jaga, sambil cek “tutup radiator” ternyata masih aman. Jalan sekitar 5 km lagi pas waktu Magrib, berhenti lagi, cek lagi ternyata masih aman. Selesai magrib jalan lagi 2 km-an saatnya mengisi perut, selesai makan cek lagi, masih aman. Sisa 5 km sampai rumah “yang penting yakin” dan ternyata sampai rumah, plastik masih terpasang, tidak lumer, karet gelang dan cable ties juga masih utuh. Alhamdulillah..

Walau tidak recommended, tapi untuk keadaan darurat boleh juga. Bisa juga nih disediakan di kotak peralatan. Jangan lupa kencangkan tutup radiator, kalo sudah nggak layak ya beli baru, simpan yang lama buat cadangan darurat. Jangan ceroboh di jalan juga (karena hari sebelumnya, nyetir mobil sodara, diserudug Innova yang ceroboh).

Iklan

Satu pemikiran pada “Solusi Darurat Pengganti Tutup Radiator

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s