Soto Yang Benar-benar “Asli Murah”


Jam makan siang, saatnya menyoba Soto khas banyumasan atau kadang disebut Sroto. Sotonya yang versi desa saja, Warung Soto Asli Murah, lokasinya jalur alternatif Sokawera – Wijahan, Kemranjen tepatnya di Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Lokasinya di sebut Prapatan atau ada yang menyebut Wates. Disebut Prapatan karena memang di sana terdapat perempatan, arah selatan ke Wijahan, Kemranjen, timur bisa sampai Sumpiuh, Utara ke Banyumas sedangkan barat juga bisa sampai Wijahan. Disebut Wates, juga karena merupakan batas desa Tanggeran dengan Karangsalam, sekaligus batas kecamatan Somagede dengan Kemranjen.
Tanpa bingung mencari, jaman sekarang andalkan saja Google Map, seperti di bawah ini:

https://goo.gl/maps/AEcPiKqnFVy

Warungnya seperti ini :

Nama ASLI MURAH itu bukan mengada-ada atau cuma bahasa dagang, tapi merupakan gabungan nama Suami-Istri, Pak Asli dengan Bu Murah. Dan warung Soto ini sebenarnya sudah cukup lama, tahun 90-an sudah ada, namun hanya dikenal penduduk setempat. Sekarang jalan depan warung ini adalah jalan yang ramai karena menjadi pilihan untuk menghindari jalur krumput, jadi warung ini pun lebih dikenal orang banyak, apalagi di era digital ini sepertinya makin banyak yang mengenalkan.Warungnya cukup lega,  meja pengunjung ada sekitar 5 atau 6 buah besar dan kecil. Dan tempat meracik Soto terbuka dan dekat dengan pembeli, jadi kita bisa melihat secara langsung sang penjual menyiapkan hidangan.

Ini dia Sotonya (sayangnya motretnya telat, setelah sudah dimakan beberapa sendok), sotonya adalah Soto Ayam.

Sotony khas Banyumas sekali, dengan kupat, sambal kacang yang tidak pedas dan tanpa soun. Kalo kurang pedas disediakan sambal cabe. Mari kita makan Soto yang tempatnya di desa ini. Dann………. ternyata memuaskan. Harganya juga sesuai dengan nama Warungnya ASLI MURAH, seporsi 10 ribu saja dan jelas kenyang! Selamat Mencoba sekaligus Selamat Datang di desa kelahiran saya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s