Beberapa Obat Kantuk Ketika Menyetir, Kuaci Cukup Membantu


Mengantuk saat menyetir? Itu salah satu dari banyak kecelakaan lalu lintas. Ketika mengantuk, istirahatlah walau sebentar, tidur atau gerak-gerak badan, semacam senam ringan cukup efektif membuat badan segar kembali. Tapi……apa jadinya ketika kantuk melanda, tapi tidak memungkinkan untuk minggir sebentar? Pengalaman saya, karena melintasi daerah yang sepi dimana dirasa kurang aman untuk menepi. Beberapa tips ini kerap saya lakukan karena rutin melewati jalur Daendels dan JJLS di malam hari.

NGOBROL

Ngobrol cukup efektif menahan kantuk ketika melintasi daerah sepi

MENYANYI

Ketika tidak ada teman ngobrol, di dalam mobil kita bisa menyanyi apa saja. Lumayan juga menahan kantuk, mungkin karena mendengarkan suar sendiri ternyata cukup mengganggu kuping sendiri hahahahah… Hal ini dilakukan jika memang sendirian di perjalanan.

MAKAN SUKRO

Tips ini saya dapat dari orang lain, dan sempat menncoba sendiri. Sayangnya sukro ini berminyak, jadi kurang nyaman di tangan, risih. Selain itu makan sukro juga cepat bikin kenyang. Karena berbahan tepung, juga setelah makan pasti kita minum, barangkali di perut sukronya melar hehehe.

MAKAN KUACI

Nah tips ini belum lama saya dapat, ketika jadi penumpang mobil ke suatu daerah. Sang sopir dan semua penumpang (termasuk saya) selama perjalanan makan kuaci. Saya pikir agak susah karena membuka kuaci itu perlu tangan dua. Namun dengan satu tangan ternyata bisa. Dan kemarin malam saya praktekkan dalam perjalanan, tangan kiri menyetir, tangan kanan juga menyetir sambil sesekali mengambil kuaci di doortrim mobil, saya lakukan ketika melintas daerah sepi, tidak ada teman ngobrol lagi karena pada tertidur. Tenyata cukup membuat ngantuk hilang, karena otak kita bekerja dalam menyetir, juga bekerja dalam membuka kuaci dengan mulut, lalu bekerja mengunyah. Ditambah rasa asin di kuaci juga membantu menahan kantuk.

Memang membuka kuaci dengan mulut juga sering gagal, kadang yang termakan adalah kulitnya, isinya entah lari kemana. Selain itu, sampahnya juga bertebaran di karpet mobil walau kita buang sampah utama di bagain lain doortrim (jangan buang sampah ke jalan ya!). Efek lain apa? Kita musti sedia minum yang mudah dibuka, karena makan kuaci bikin tenggorokan cepat gatal. Efek terakhir apa? Karena kita diforsir untuk tidak ngantuk, sampai rumah ngantuknya balas dendam, Saya hampir 12 jam tertidur non stop, untuk tidak melupakan kewajiban sebagai umat beragama. Padahal sebelumnya (tanpa kuaci) walau sampai rumah tengah malam, tidur dan bangun seperti hari biasa.

TAPI TETAP INGAT, OBAT NGANTUK PALING EFEKTIF ADALAH ISTIRAHAT

Iklan

6 pemikiran pada “Beberapa Obat Kantuk Ketika Menyetir, Kuaci Cukup Membantu

  1. Jgn krn kuaci banyak garam, selain dpt menaikan darah tinggi, kehausan , serta iritasi bibir jd dipikir serta logikanya dptmenggangu konsentrasi saat berkendara, yg bener tidur lah min sejam klw ngantuk berat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s