Warung Ma’ Unah, Cukangleuleus, Rekomendasi Mantan Pembalap Nasional Lho


Suatu hari karena urusan pekerjaan saya bertemu dengan seorang mantan pembalap nasional, Guntur Darmawan. Mungkin “orang lama” masih ingat nama ini. Dulu timnya namanya Putra Gading, dengan andalan motor Suzuki. Nah di tengah obrolan itu kemudian menjurus tempat-tempat makan di seputaran Kabupaten Cilacap, salah satunya saya ingat benar dia berkata “Di Cukangleuleus ada warung yang kecil, agak kumuh, tapi masakannya Endeeus banget”


Skip beberapa bulan kemudian, saya “terdampar” di pertigaan Cukangleuleus dalam kondisi lapar. Eh Cukangleuleus (nulisnya ribet juga :)) itu dimana? Ini adalah pertigaan sebelah timur Wanareja, sebelum hutan yang menuju kota Majenang, di Google Maps ya di SINI. Nah melihat sisi timur selatan pertigaan kok ada warung makan kecil, yang tampak seperti di foto. Langsung saja menuju ke sana, begini tampak warunnya :

Sesuai sama kata mas Guntur, agak kumuh, tapi tidak masalah. Kenapa tampak kotor, karena warung ini menggunakan kayu bakar dalam memasak ikannya, bukan gas LPG. Malah alami sekali kan?

Yang dijual oleh warung kecil ini memang CUMA ikan mujair dibakar dan dipecak. Mbakarnya nggak pakai areng dikipas-kipas gitu, tapi ditaruh di atas tungku dengan api tidak terlalu besar. Hasilnya ikan matang pelan-pelan dan bagian yang gosong minim sekali, lebih aman.
Inilah tampilan pecak mujairnya, warna merah tomat dominan menutupi ikannya. Untuk rasanya, segar sekali sambal pecaknya, paduan Tomat dan Kencur. Tak lupa ada bawang putih yang masih terasa butirannya. Disediakan juga Nasi serta lalapan khas sunda. Mari makan! Oh iya pas pesan penjualnya nawarin, mau pedes apa nggak.

Dan, memang sesuai dengan kata mas Guntur di atas “Endeeus banget“, Enak, segar dan gurih!

Sedikit info tambahan bisa dilihat di video berikut ini, jangan lupa Subscribe ya 🙂

 

5 pemikiran pada “Warung Ma’ Unah, Cukangleuleus, Rekomendasi Mantan Pembalap Nasional Lho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s